Pekanbaru   2023/03/10 22:0 WIB

Pemko akan Bangun Tempat Penampungan Sementara Pedagang Pasar Cik Puan

Pemko akan Bangun Tempat Penampungan Sementara Pedagang Pasar Cik Puan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) akan bangun tempat penampungan sementara (TPS) untuk pedagang Pasar Cik Puan.

"Untuk pembangunan kios Pasar Cik Puan ini mencapai Rp2,4 miliar."

"Sekarang tinggal teknis saja antara Disperindag dan BPKAD untuk segera melakukan pergeseran anggaran untuk menangani kios Pasar Cik Puan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Jumat (10/3/2023).

Anggaran untuk pembangunan tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Cik Puan, segera dicairkan. Anggaran yang diambil dari Belanja Tidak Terduga (BTT)  Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Untuk pembangunan kios ini mencapai Rp2,4 miliar. Pemko Pekanbaru segera melakukan pergeseran anggaran dari APBD ke BTT agar segera dicairkan. 

Pemko sudah melakukan rapat percepatan pembangunan kios sementara Pasar Cik Puan. Pemerintah bertanggung jawab untuk kembali membangun kios pedagang korban kebakaran. 

Mereka juga telah membuat konsep untuk pedagang korban kebakaran bisa kembali berjualan. Kios sementara pedagang bakal dibangun kembali di lokasi kebakaran kemarin. 

"Pak walikota juga sudah setuju sudah acc untuk menggunakan BTT dalam membangun kios sementara pedagang. Jadi sekarang tinggal teknis di lapangan saja," katanya.

Pemerintah kota menargetkan kios sementara pedagang ini bisa rampung sebelum bulan Ramadhan. Ada 400 kios yang bakal dibangun kembali. Indra berharap agar pekerjaan pembangunan ini bisa segera dilakukan mengingat sejumlah pedagang belum bisa berjualan pasca peristiwa kebakaran. 

Sebagian pedagang saat ini juga telah menghuni tempat penampungan sementara yang disediakan pemerintah kota. Lokasinya berada pada bangunan baru Pasar Cik Puan yang terbengkalai. Bangunan ini berada tepat disamping lokasi kios yang terbakar. 

Diketahui sebelumnya, TPS Pasar Cik Puan kebakaran pada Minggu 19 Februari2023 sore. Akibatnya, ada sekitar 400 kios yang terdampak musibah tersebut. 

Saat ini, para pedagang yang terdampak pun dipindah sementara ke gedung Pasar Cik Puan yang terbengkalai di samping TPS. (rp.sul/*)

Tags : pasar cik puan, pekanbaru, pemko akan bangun tps, pedagang pasar cik puan,