Headline Bisnis   2023/03/10 22:10 WIB

Jelang Ramadan Harga Kebutuhan Pangan Mulai Merangkak Naik, 'Stoknya Tersedia di Pasar Tradisional'

Jelang Ramadan Harga Kebutuhan Pangan Mulai Merangkak Naik, 'Stoknya Tersedia di Pasar Tradisional'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Jelang Ramadan, beberapa kebutuhan pokok masyarakat mulai merangkak naik terutama daging ayam potong dan beberapa kebutuhan dapur lainnya.

"Beberapa kebutuhan dapur mulai merangkak naik."

"Ya hari ini harga ayam potong sudah naik Rp25 ribu per kilogram bahkan dekat-dekat puasa akan naik lagi," kata Hendrik, salah seorang pedagang ayam di pasar pagi Arengka, Pekanbaru, Jumat (10/3/2023).

"Saat ini permintaan banyak, karena masyarakat yang sebentar lagi akan menyambut bulan suci Ramadan," kata dia.

Beberapa kebutuhan masyarakat mulai merangkak naik. 

Kenaikan harga kebutuhan di pasar-pasar tradisional di Pekanbaru diprediksi akibat mulai meningkatnya daya beli masyarakat. Sedangkan ketersediaan pasokan yang mulai menipis.

Untuk harga ayam potong misalnya, dari harga biasa Rp23 ribu per kilogram naik menjadi Rp25 ribu per kilogram. Kenaikan harga ayam potong ini diperkirakan akan terus terjadi saat mendekati Ramadan 1444 Hijriah.

"Saat ini pasokan yang kita dapat dari agen tidak banyak, karena infonya ternakan ayam ditahan dan dibiarkan cukup besar untuk pasokan lebaran," sambungnya.

Untuk harga cabai merah saat ini tergolong turun yakni Rp60 ribu per kilogram jika dibanding sebelumnya mencapai Rp80 ribu per kilogram. 

Kondisi harga cabai yang cenderung turun ini dikhawatirkan tidak berlangsung lama, mengingat cabai menjadi komoditas yang rentan mengalami kenaikan ditambah jika pasokan atau stok dari distributor berkurang. 

Tidak hanya cabai merah, bawang merah dan bawang putih juga masih terpantau aman dan terpantau masih berada diharga standar yakni Rp30 ribu per kilogram.

Meski cabai dan bawang merah cenderung stabil, harga komoditas kentang malah mengalami kenaikan,  dari yang biasanya Rp12 ribu per kilogram hari ini naik menjadi Rp15 ribu per kilogram.

"Kentang malah naik, biasanya hanya Rp12 ribu sekarang jadi Rp15 ribu. Mudah-mudahan keniakan kentang tidak disusul dengan kenaikan harga kebutuhan lainnyalah," ungkap Weni saat berbelanja di Pasar Pagi Arengka. 

Sementara untuk harga minyak goreng curah masih stabil yakni Rp14.500 per kilogram. Gula pasir Rp14.500 per kilogram. Beras Premium Rp16 ribu per kilogram. Tepung Terigu Rp12.500 per kilogram.  telur ayam ras Rp56 ribu per papan (30 butir). (rp.jon/*)

Tags : kebutuhan pokok, kebutuhan pokok masyarakat merangkak naik, Jelang Ramadan kebutuhan pokok naik,