News Kota   2023/07/25 12:18 WIB

Pemko Luncurkan Program Universal Health Coverage, 'untuk Menjamin Layanan Kesehatan Promotif, Preventif, Kuratif, dan Rehabilitatif'

Pemko Luncurkan Program Universal Health Coverage, 'untuk Menjamin Layanan Kesehatan Promotif, Preventif, Kuratif, dan Rehabilitatif'
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota [Pemko] Pekanbaru akan meluncurkan program Universal Health Coverage [UHC].

"UHC adalah menjamin semua orang mempunyai akses kepada layanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang dibutuhkan, dengan mutu yang memadai sehingga efektif, disamping menjamin pula bahwa layanan tersebut tidak menimbulkan kesulitan finansial penggunanya."

"Program Universal Health Coverage akan diluncurkan sesuai waktu yang tepat. UHC dicanangkan, tetapi masih mencari waktu dulu yang tepat, pihak BPJS bisa hadir dan pak walikota juga bisa hadir, baru kita canangkan," kata Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Jumat (14/7).

Ia menyebut, untuk UHC sudah 97 persen. Kemudian peserta BPJS yang aktif sudah di atas 75 persen.

"Tapi pada prinsipnya kita sudah bisa UHC non cut off itu. Jadi kita kan sudah di 97 persen, terus peserta BPJS yang aktif kita sudah di atas 75 persen dari data kependudukan kita yang terakhir," ungkapnya.

Dikatakannya, saat ini Pemko Pekanbaru tinggal menunggu jadwal untuk pencanangannya saja. Pemko masih menyesuaikan jadwal dengan BPJS Pusat dan Pj Walikota Pekanbaru.

"Saat ini sedang mencari waktu, baik dari BPJS pusat maupun dari pak walikota," pungkasnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : universal health coverage, program uhc, pemko pekanbaru akan luncurkan program uhc, news kota,