News Daerah   2023/07/25 11:46 WIB

Mahasiswa Kukerta UNRI Mengadakan Festival 1 Muharram di Kampar, 'yang Juga Sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat'

Mahasiswa Kukerta UNRI Mengadakan Festival 1 Muharram di Kampar, 'yang Juga Sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat'
Mahasiswa Universitas Riau [Unri] melakukan kuliah kerja kerja nyata [Kukerta] ke Desa Sungai Sarik, Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau untuk melakukan kegiatan festival 1 Muharram 1444 Hijriyah.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Mahasiswa Universitas Riau [Unri] melakukan kuliah kerja nyata [Kukerta] ke Desa Sungai Sarik, Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau untuk melakukan kegiatan festival 1 Muharram 1444 Hijriyah.

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, Mahasiswa KKN Universitas Riau dan mahasiswa KKN IAI Diniyyah Pekanbaru berkolaborasi dengan karang taruna dan Irmas Desa Sungai Sarik mengadakan Festival 1 Muharram.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu pawai obor hari Selasa 18 Juli 2023 pada jam 20.00 WIB - selesai diikuti oleh aparat desa dan masyarakat desa Sungai Sarik yang begitu antusias.

Setelah pelaksanaan pawai obor pada hari Sabtu 22 Juli 2023 dilanjutkan dengan mengadakan beberapa perlombaan:

  1. Lomba adzan untuk tingkat SD
  2. Lomba Pidato Cilik untuk tingkat SD
  3. Lomba Cerdas Cermat untuk tingkat MTS dan MA
  4. Lomba Tilawah untuk tingkat MTS dan MA

Kegiatan dilanjutkan pada hari minggu 23 Juli 2023 untuk pengumuman juara dan pembagian hadiah yang diiringi dengan rebana oleh ibu-ibu desa Sungai Sarik.

Roaini, Ketua PKK Desa Sungai Sarik mengatakan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram merupakan kegiatan rutin yang dipusatkan di Balai Desa Sungai Sarik.

Kegiatan tersebut melibatkan warga Desa Sungai sarik dan warga dari desa sekitarnya ikut hadir. 

“Dengan adanya adik-adik KKN di kampung kami, dapat membantu menyiapkan acara sekaligus memeriahkan Peringatan 1 Muharram. Suasananya jadi berbeda dengan kehadiran mahasiswa KKN,” kata Roaini, Ketua PKK Desa Sungai Sarik, Minggu (23/7).

Ketua pelaksana kegiatan 1 Muharram, Rohid Silkar, mengharapkan mahasiwa bisa menyatu dalam semua kegiatan masyarakat Desa Sungai Sarik.

Ia juga mengharapkan anak-anak dan warga Desa Sungai Sarik tetap antusias dalam memeriahkan kegiatan 1 muharram di tahun-tahun berikutnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada aparat dan warga desa yang telah membantu dalam memeriahkan kegiatan tahun baru islam 1 muharram 1445 H," kata Rohid Silkar.

"Harapan untuk kedepannya warga Desa Sungai Sarik semakin antusias dalam mengikuti kegiatan, dan semoga tema yang kami angkat yaitu meningkatkan semangat generasi muda dalam menyambut tahun baru islam 1445  H dapat tercapai dengan baik.” kata Rohid. (rilis)

Tags : kunjungan kerja nyata, kukerta mahasiswa, mahasiswa universitas riau, mahasiswa unri, mahasiswa pengabdian masyarakat, mahasiswa unri gelar festival 1 muharram, mahasiswa kukerta di kampar, news daerah,