Pekanbaru   2024/03/20 13:7 WIB

Pemko Ambil Langkah Kewaspadaan untuk Cegah Kenaikan Harga Pangan Selama Ramadan dan Jelang Idulfitri 2024

Pemko Ambil Langkah Kewaspadaan untuk Cegah Kenaikan Harga Pangan Selama Ramadan dan Jelang Idulfitri 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dalam rangka mengantisipasi naiknya harga beberapa bahan pokok selama Ramadan, serta menjaga pasokan pangan dalam menghadapi Idulfitri tahun 2024, Pemko Pekanbaru melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar rapat High Level Meeting (HLM) di Aula Bank Indonesia (BI) Riau, Selasa (19/3/2024).

Rapat tersebut dihadiri Sekdako Pekanbaru, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Pekanbaru, Kasatpol PP, Kadisperindag, Kadis Ketapang, BPS, serta para stakeholder terkait.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, rapat HLM tersebut dilakukan secara berkala, yang mana pada rapat kali ini membahas terkait dinamika yang berkaitan dengan inflasi di Kota Pekanbaru.

"Jadi kita melaksanakan HLM ini secara berkala, pada intinya ini membahas dinamika yang berkaitan dengan inflasi di kota pekanbaru, dengan melibatkan semua stakeholder, mulai dari bank sentral, BPS dan instansi lainnya," ujar Ingot, Selasa (19/3/2024).

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan hari ini cukup mengalami perubahan yang baik. Dimana pada awal Ramadan kemarin sempat terjadi kenaikan yang cukup signifikan terhadap beberapa komoditi.

"Alhamdulillah dari evaluasi kita hari ini sudah cukup mengalami perubahan yang baik dari awal Ramadan terjadi kenaikan yang luar biasa dari beberapa komoditi, nah Alhamdulillah hari ini sudah melandai dan saya kira akan terus turun sampai ke harga normalnya," tuturnya.

"Cabai dan bawang juga sudah mulai mengalami penurunan, mudah-mudah an ini bisa kita pelihara tren nya dan menjelang lebaran kita antisipasi jangan ada kenaikan lagi," sambungnya.

Terkait pasokan dan stok bahan pangan selama Ramadan serta menjelang Idulfitri 2024, Ingot mengungkapkan Pemko Pekanbaru telah berkomunikasi ke daerah-daerah penghasil.

"Kalau untuk pasokan dan stok, komunikasi kita ke daerah-daerah penghasil itu cukup aman sebenarnya, tinggal kita menjaga agar tidak terjadi kendala-kendala di perjalanan yang bisa menyebabkan cos bertambah sehingga menyebabkan harga naik," tutupnya.

Tags : harga pangan, kenaikan harga pangan, pekanbaru, langkah antisipasi, cegah kenaikan harga pangan, ramadan dan jelang idulfitri 2024,