Pekanbaru   2023/11/30 11:28 WIB

Pemko Berkali-kali Yakinkan ASN Penting untuk Netralitas, 'Seluruh OPD juga Diminta Tidak Memihak'

Pemko Berkali-kali Yakinkan ASN Penting untuk Netralitas, 'Seluruh OPD juga Diminta Tidak Memihak'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota [Pemko] Pekanbaru terus mengingatkan Aparatur Sipil Negara [ASN] agar tetap netralitas di Pemilihan Umum [Pemilu] tahun 2024 Pemilu 2024 ini.

"Seluruh Organisasi Perangkat Pemerintah [OPD] diminta awasi dan monitor ASN agar tidak memihak calan manapun."

"Pada dasarnya kita sudah bersurat ke semua OPD. Terus juga sudah disampaikan ke semua OPD untuk netralitas ASN menghadapi Pileg, Pemilukada dan lain-lainnya," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia [BKPSDM] Kota Pekanbaru Irwan Suryadi, Rabu (29/11/2023).

Dalam menjaga netralitas ASN saat pesta demokrasi tahun 2024, BKPSDM Kota Pekanbaru juga menyurati masing-masing OPD. Berisi pesan agar tidak memihak partai calon mana pun.

Para ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru, diingatkan untuk tidak memihak atau netral dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Irwan Suryadi menyampaikan didepan media, pihaknya sudah berkirim surat kepada semua OPD terkait hal ini. Para ASN diminta tidak ikut berpolitik pada pesta demokrasi tersebut. 

Mulai saat ini masa kampanye Pemilu 2024 sudah dimulai dan akan berlangsung hingga 10 Februari 2024 mendatang. Tentunya para ASN diharapkan tidak ikut dalam rangkaian kampanye tersebut, sebutnya. 

Ia mengatakan, pemerintah kota juga melakukan ikrar ASN netral. Ikrar ini diharapkan bisa menjadi batasan untuk ASN tidak ikut terlibat dalam politik.

"Kita lakukan deklarasi ASN netral juga, jadi inti dari ikrar tersebut adalah menegakkan prinsip netralitas ASN, melaksanakan fungsi pelayanan tetap selama maupun setelah pemilu," katanya.

Selanjutnya menghindari konflik kepentingan, terus tidak melakukan semacam praktek intimidasi dan ancaman kepada seluruh elemen masyarakat dan juga pada salah satu Paslon tertentu.

Kemudian bijak menggunakan media sosial. Gunakan medsos secara baik dan bijak, supaya tidak menimbulkan ujaran kebencian atau berita bohong.

"Maka kita sudah surati seluruh OPD di Pemko Pekanbaru, terkait netralitas ASN ini," sebutnya. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : Aparatur Sipil Negara, ASN Netralitas, Pemko Pekanbaru Yakinkan ASN Penting untuk Netralitas, Seluruh OPD Diminta Tidak Memihak Calon,