Pekanbaru   2023/12/14 10:27 WIB

Pemko Lakukan Koordinasi dengan Bulog Antisipasi Kenaikan Harga Sembako, Legislatif: Terus Jaga Stabilitas Harga Jalang Nataru

Pemko Lakukan Koordinasi dengan Bulog Antisipasi Kenaikan Harga Sembako, Legislatif: Terus Jaga Stabilitas Harga Jalang Nataru
Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan koordinasi dengan Bulog dalam mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Antisipasi kenaikan harga sembako jelang Nataru 2024."

"Jelang nataru ini paling inflasi lah yang harus kita antisipasi," kata Penjabat Walikota Pekanbaru, Muflihun, Selasa (12/12).

Saat ini harga kebutuhan pokok di Kota Pekanbaru masih terbilang tinggi. Seperti beras dan cabe, yang sudah naik beberapa bulan terakhir.

Pemko Pekanbaru melakukan pengendalian inflasi jelang Nataru. 

Penjabat Walikota Pekanbaru, Muflihun mengatakan, bahwa pemerintah tetap komit untuk melakukan pengendalian inflasi, terlebih jelang Nataru. Berbagai upaya dilakukan agar inflasi di Kota Pekanbaru terkendali.

Menurutnya, saat ini sudah masuk musim hujan dan daerah penghasil tentunya juga mengalami musim hujan, "jadi kondisi cuaca sangat mempengaruhi hasil panen jauh lebih sedikit dari biasanya," sebutnya.

"Kalau sudah seperti itu kondisinya, biasanya untuk harga juga jauh lebih mahal. Tapi kita sudah komitmen dengan sekda dan Forkopimda, dan sesuai amanah presiden juga ketika harga melonjak kita bisa pakai dana BTT untuk menjaga agar harga stabil terus di Kota Pekanbaru ini," katanya.

Ia menyebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Bulog dan juga Disperindag juga. Dari koordinasi yang telah dilakukan, pihaknya memastikan bahan-bahan sembako masih mencukupi hingga akhir tahun.

Selain itu, Pemko Pekanbaru juga akan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di sejumlah titik. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengendalikan lonjakan harga dan inflasi.

Ia menyebut, gerakan pangan murah masih ada beberapa kali lagi untuk diselenggarakan. Selain dari APBD, pihaknya juga mengupayakan CSR dari pelaku usaha.

"Kita minta bantu perusahaan untuk buat pasar murah di sekitaran Kota Pekanbaru," sebutnya.

Menjelang Nataru ini pihak dewan minta  Pemko untuk dapat mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok di Kota Pekanbaru.

"Menjelang Natal dan Tahun Baru, dinas terkait harus rajin melakukan kordinasi dengan stakeholder yang ada supaya kenaikan harga bahan pokok ini tidak meningkat tajam dan bisa segera diantisipasi," kata Sabarudi.

Menurutnya, harga sejumlah bahan pokok di Kota Pekanbaru terutama di pasar memang sudah terjadi kenaikan sedikit, tetapi masih stabil.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru Muhammad Sabarudi mengingatkan Pemko Pekanbaru agar terus menjaga stabilitas harga sejumlah bahan pokok menjalang perayaan Nataru.

Sabarudi mengungkapkan, antisipasi kenaikan harga bahan pokok perlu dilakukan oleh Pemko Pekanbaru agar masyarakat tidak mengeluh apabila ada kenaikan harga menjelang Nataru.

Ia juga meminta kepada Pemko untuk selalu melakukan pengawasan dan pengecekan harga bahan pokok secara intensif sehingga harga bahan pokok tetap stabil.

"Pemerintah jangan sampai tidak tahu jika terjadi kenaikan harga bahan pokok di tengah masyarakat. Tentu koordinasi ini harus lebih dikuatkan," tutupnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : natal dan tahun baru 2024, jelang natar, pekanbaru, kenaikan harga sembako, Pemko koordinasi dengan bulog antisipasi kenaikan harga sembako,