News Kota   2024/01/20 17:25 WIB

Pemko Pekanbaru Manfaatkan Bantuan Anggaran Bencana Alam, 'yang Dikucurkan BNPB Pusat'

Pemko Pekanbaru Manfaatkan Bantuan Anggaran Bencana Alam, 'yang Dikucurkan BNPB Pusat'
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi menghadiri Rakor bersama BNPB terkait penanganan darurat bencana banjir di Balai Serindit, Gedung Daerah Riau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memanfaatkan peluang bantuan anggaran bencana alam dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"BNPB pusat kucurkan dana bantuan untuk penanganan bencana alam."

"Kami bersama kabupaten dan kota lainnya mendapat pencerahan dari Kepala BNPB Suharyanto," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Masykur Tarmizi usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama BNPB) terkait penanganan darurat bencana banjir di Balai Serindit, Gedung Daerah Riau, Jumat (19/01).

"Jadi, pemerintah daerah (pemda) sangat mungkin mendapat bantuan dari BNPB terkait bencana alam, salah satunya banjir," sambungnya.

Pekanbaru termasuk daerah yang sebagian kecil terdampak banjir. Meski kecil, ada enam kecamatan juga yang terdampak banjir.

"Saya kira butuh strategi. Karena, banjir berulang setiap tahun dan tergantung cuaca dan musim," ucap Masykur.

Pemko Pekanbaru akan memanfaatkan peluang-peluang bantuan anggaran dari BNPB. Memang, bantuan ini hanya diaplikasikan bagi daerah yang statusnya darurat bencana.

BNPB juga memberikan dana siap pakai Rp250 juta kepada sepuluh kabupaten dan kota yang terdampak banjir di Riau.

Tak hanya itu, BNPB juga memberikan sarana dan prasarana serta logistik. Bantuan BNPB merupakan upaya jangka pendek.

"Saat kunjungan kepala BNPB kemarin di Rumbai, kami sudah sampaikan bahwa Pekanbaru butuh pompa penyedot air yang bisa dipindahkan," ungkap Masykur.

Apabila suatu wilayah banjir, airnya bisa disedot. Pompa ini yang belum dimiliki Pemko Pekanbaru selama ini. Padahal, lokasi atau jenis banjir bisa disedot dan dialihkan ke aliran air.

"Kami juga diminta memanfaatkan dana rekonstruksi dan rehabilitasi daei BNPB. Kami akan pelajari untuk wilayah terdampak pada infrastruktur, salah satunya disebabkan longsor," ucap Masykur.

Untuk diketahui, bencana alam yang terjadi beragam di Pekanbaru. Soal penanganan banjir saja, ada kewenangan pemerintah pusat, Pemprov Riau, dan Pemko Pekanbaru.

"Jadi, kami harus berkoordinasi dan mengambil langkah-langkah dan membagi persoalan banjir. Kami berencana menggelar rakor seperti ini di internal Pemko. Supaya, kami satu persepi," sebut Masykur. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BPBD Salurkan dana Penanganan Bencana Alam, Pemko Pekanbaru Manfaatkan Bantuan Anggaran Bencana Alam, News Kota,