News Kota   2022/07/12 15:37 WIB

Pemko Pekanbaru Sediakan 300 Lapak, 'untuk Pedagang di Car Free Day'

Pemko Pekanbaru Sediakan 300 Lapak, 'untuk Pedagang di Car Free Day'

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali menyediakan 300 lapak untuk dedagang di Car Free Day.

"Pemko Pekanbaru sediakan 300 lapak untuk pedagang di Car Free Day."

"Insya Allah minggu ini kita mulai. Daya tampung kita untuk 300 pedagang. Tapi untuk yang daftar sudah melebihi itu," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa (12/7).

Car Free DaCar Free Day (CFD) di Pekanbaru rencananya akan mulai diisi pedagang pada Minggu 17 Juli 2022 mendatang.

Daya tampung yang disediakan hanya bagi 300 pedagang.

Menurut Ingot, pihaknya bakal mempertimbangkan untuk menambah jumlah kuota daya tampung pedagang di sana. Hal ini guna memfasilitasi pelaku UMKM yang ingin berjualan di area CFD.

Para pelaku UMKM yang ingin membuka lapak di area CFD bisa mendaftar ke Kantor Disperindag Pekanbaru. Kartu Identitas pelaku usaha menjadi salah satu syarat. 

Laporan: Jonnuar
Editor: Elfi Yandera

Kegiatan CFD sendiri baru dibuka selama satu bulan pasca pandemi Covid-19. Pada awal Juni kemarin CFD hanya diperuntukkan untuk aktivitas olahraga. Untuk aktivitas ekonomi Pemko belum mengizinkan.

"Tapi kan semalam sudah ada yang jualan. Sudah banyak pedagang yang mulai jualan," ungkapnya.

Sebelumnya, Kadishub Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan, pembukaan area CFD masih terbatas. Ia menyebut aktivitas di sekitar area CFD masih untuk olahraga dan kegiatan seni.

"Jadi artinya belum ada aktivitas lain, selain olahraga dan seni," jelas Yuliarso, Minggu (19/6/2022) lalu.

Ia menyebut, di luar area CFD ada di luar kendali Dishub Kota Pekanbaru. Sedangkan dalam area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) itu memang dalam kendali pihak Dishub.

Yuliarso pun mengimbau masyarakat untuk tetap saling menjaga agar jangan sampai aktivitas di area CFD tidak terkendali. Ia menyebut bila kondisi tidak terkendali tentu rekomendasi dari CFD bisa kembali dicabut.

"Untuk kebaikan kita semua, khususnya untuk warga Pekanbaru yang hendak berjualan di sekitar CFD bisa bersabar. Bila sudah memungkinkan, tentu dipersilahkan," pungkasnya.

Tags : Pemko Pekanbaru, 300 Lapak Untuk Pedagang, PedagangCar Free Day, News Kota,