Pekanbaru   2021/06/15 15:15 WIB

Pemko Pekanbaru Tambah Alat Berat Untuk 'Selesaikan Sampah' di TPA Muara Fajar

Pemko Pekanbaru Tambah Alat Berat Untuk 'Selesaikan Sampah' di TPA Muara Fajar
Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT tinjau TPA Muara Fajar

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko)  Pekanbaru menambah dua alat berat untuk digunakan memaksimalkan pekerjaan penataan sampah di  Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  Muara Fajar.

"Saat ini kita tambah dua alat berat yang baru ini sudah mencukupi guna menormalkan kembali penataan sampah di TPA,"  kata  Wali Kota  Pekanbaru Firdaus  MT usai peninjauan ke Muara Fajar, Senin (14/6) kemarin.

Dua alat berat yang baru dibeli menggunakan  APBD Pekanbaru tersebut berupa  buldoser dan ekskavator. "Dua alat baru ini  akan mendukung alat berat lainnya yang beroperasi di TPA," katanya.

Dengan penambahan dua alat berat baru maka kini totalnya TPA Muara Fazar memiliki  empat ekskavator yang bekerja. Selain alat berat lanjut dia,  penanganan manajemen persampahan ini tak hanya dilakukan dengan penambahan alat berat. Namun juga perlu  didukung dengan sumber daya manusia (SDM). Hal ini secara bertahap ke depan akan dibenahi. "Sebelumnya banyak kekurangan di TPA Muara Fajar. SDM dan alat berat kurang. Organisasinya juga kurang," kata  Firdaus MT.  

Maka, organisasinya di tata lagi. Pemko Pekanbaru akan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk TPA dan Tempat Pembuangan Sementara (TPS). UPT ini akan dipimpin oleh seorang kepala bidang di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK).  "Akhir bulan ini, UPT TPA dan TPS sudah terbentuk. Saat ini, TPA Muara Fajar dikendalikan pejabat sekelas kepala seksi yang tak didukung oleh staf yang baik," ujar Firdaus MT. (rp.kam/*)

Tags : Pemko Pekanbaru, Selesaikan Sampah di TPA Muara Fajar, Pemko Pekanbaru Tambah Alat Berat ,