Headline Pekanbaru   2024/08/20 9:6 WIB

Pemko Cek Stok Ketahanan Pangan untuk Persiapan Program Makan Gratis Bagi Siswa

Pemko Cek Stok Ketahanan Pangan untuk Persiapan Program Makan Gratis Bagi Siswa

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemko Pekanbaru akan melaksanakan program makan gratis bagi siswa sekolah dasar (SD) dalam waktu dekat. 

"Pemko persiapkan program makan gratis."

"Dari pagi, saya sudah mengunjungi para pembudi daya baik peternakan maupun sayur-sayuran. Kunjungan yang kami lakukan untuk memetakan persiapan  dalam hal ketahanan pangan," kata Pj Walikota Pekanbaru Risnandar di area perkebunan Kelompok Tani Mustang yang dikelola Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (19/8).

Pj Walikota Risnandar Mahiwa mengecek perkiraan stok bahan makanan di lima lokasi budi daya peternakan dan sayuran.

Setelah meninjau lokasi budi daya peternakan dan sayuran, Ia menilai bahwa nantinya hasil budidaya ini cukup memungkinkan dalam memenuhi kebutuhan di Kota Pekanbaru.

Pemko juga akan melaksanakan program presiden terpilih yaitu makan bergizi gratis.

"Saya tadi juga sempat berkunjung ke SDN 128 Pekanbaru untuk mengecek keseluruhan antara jumlah anak sekolah dengan jumlah hasil daripada kelompok-kelompok tani. Apabila ada yang kurang, kami akan berkoordinasi terkait tambahan bahan pokok ke kabupaten atau provinsi tetangga," sebutnya.

Pemko tetap memprioritaskan budi daya lokal. Kelompok tani yang ada diharapkan dapat menyukseskan program makan siang gratis.

"Kebutuhannya cukup banyak di dalam melaksanakan visi-misi bapak presiden terpilih. Kegiatan pengecekan ke lapangan ini bagian daripada rangkaian pemetaan untuk program makan siang gratis," jelas Risnandar.

Pemko juga dibantu Lanud Roesmin Nurjadin dan beberapa kelompok tani. Hal ini bagian dari sinergitas yang baik.

"Saya meyakinkan bahwa pekerjaan ini bukan hanya pekerjaan saya sendiri. Tapi ini pekerjaan bersama untuk kesiapan ketahanan pangan di Kota Pekanbaru," ucap Risnandar.

Pemko tetap memprioritaskan budi daya lokal. Kelompok tani yang ada diharapkan dapat menyukseskan program makan siang gratis.

"Karena, kebutuhan kami cukup banyak di dalam melaksanakan visi-misi bapak presiden terpilih," katanya.

"Kegiatan pengecekan ke lapangan ini bagian daripada rangkaian pemetaan untuk program makan siang gratis," jelas Risnandar.

Sebelumnya, Pj Walikota juga berkunjung Kelompok Binaan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Pekanbaru. 

Kelompok binaan itu melakukan budi daya ayam petelor dan sapi di Jalan Parang, Kecamatan Rumbai Barat. 

Budi daya perikanan di Jalan Amal, Kecamatan Rumbai. Budi daya padi gogo di Jalan Beringin, Kecamatan Binawidya. 

Budi daya cabai hortikultura di Jalan Naga Sakti, Kecamatan Binawidya. Budi daya sayur mayur di Jalan Adi Sucipto, Landu Roesmin Nurjadin, Kecamatan Marpoyan Damai. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Pemko Persiapkan Program Makan Siang Gratis, Pemko Siapkan Stok Bahan Makanan,