Pekanbaru   2024/01/05 11:20 WIB

Pemko Salurkan Beasiswa yang Didominasi D3 dan S1, 'yang Jumlahnya 1.200 Mahasiswa Diminati Secara Membludak'

Pemko Salurkan Beasiswa yang Didominasi D3 dan S1, 'yang Jumlahnya 1.200 Mahasiswa Diminati Secara Membludak'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pada tahun anggaran 2024, Pemerintah Kota Pekanbaru (Pemkot) siapkan dana beasiswa sebesar Rp1,9 miliar. Program ini menyasar mahasiswa Diploma Tiga (D3) dan Strata Satu (S1).

"Beasiswa yang di dominasi D3 dan S1 jumlahnya membludak."

"Tahun semalam [2023] pendaftaran dilakukan secara online dan dibuka jumlah peserta hingga ribuan mahasiswa," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Tri Sepna Saputra.

Ribuan mahasiswa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa yang disediakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. 

"Pendaftaran dilakukan secara online. Dari data yang dihimpun, untuk pendaftar beasiswa itu didominasi oleh mahasiswa jenjang pendidikan Strata Satu (S1).

"Yang ramai S1. D3 (Diploma Tiga) masih sepi peminat," ungkapnya.

"Yang sudah mendaftar secara online dna telah mengembalikan berkas pendaftaran secara langsung ke Bagian Kesra baru sekitar 300 orang."

"Jika pendaftar beasiswa dari D3 masih sepi peminat, pemerintah kota berkemungkinan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran. D3 ini kita lihat dulu, kalau memang masih sedikit yang mendaftar, kita perpanjang. Tapi untuk S1 tidak diperpanjang karena sudah memenuhi kuota," sebutnya.

Pihaknya juga mengimbau agar mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa segera mendaftar, kemudian mengembalikan berkas, "ini bantuan beasiswa untuk keluarga kurang mampu dan mahasiswa berprestasi," sebutnya.

Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru, Zulkarnain, memberikan peringatan bahwa penyaluran beasiswa harus tepat sasaran.

Zulkarnain mendukung program beasiswa tersebut.

Ia menyebut program iru sebagai bentuk kepedulian Pemkot terhadap pendidikan di Kota Bertuah.

Meski jumlahnya mungkin tidak seberapa, namun diyakini dapat memberikan bantuan signifikan kepada masyarakat.

"Ini bentuk kepedulian Pemko kepada pendidikan kita. Jangan sampai terputus beasiswa ini, walau nilainya tidak banyak. Namun kita yakini sangat membantu," ujar Zulkarnain, Kamis (4/1).

Namun, peringatan ditekankan agar beasiswa ini benar-benar diberikan kepada mereka yang membutuhkan secara ekonomi dan berprestasi akademik.

Dia juga mendukung pendaftaran dilakukan secara online, mengutip keberhasilan tahun 2023 untuk meminimalisir praktik permainan atau titipan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabag Kesra Setdako Pekanbaru, Tri Sepna Saputra, mengungkapkan bahwa jadwal dan persyaratan beasiswa akan diumumkan pada bulan Februari mendatang.

Proses pendaftaran akan dibuka selama Maret, April untuk seleksi administrasi, dan diharapkan bantuan beasiswa dapat disalurkan mulai Mei.

"Bantuan beasiswa tahun 2024 ini masih sama dengan 2023 lalu, diperuntukan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu, serta mahasiswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik," tambahnya.

Besaran beasiswa juga masih Rp4 juta untuk S1 dan Rp3 juta untuk D3. Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp1,9 miliar. Mahasiswa diingatkan untuk mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan saat pendaftaran, dengan penekanan pada KTP Pekanbaru sebagai syarat utama. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : beasiswa, d3-s1, pemko salurkan beasiswa, pekanbaru, beasiswa diminati mahasiswa,