News Kota   2022/07/09 23:27 WIB

Pemko, TNI-Polri Lakukan Pengamanan Malam Takbir Keliling

Pemko, TNI-Polri Lakukan Pengamanan Malam Takbir Keliling

PEKANBARU - Polresta Pekanbaru bersama tim gabungan dari Pemko Pekanbaru akan melakukan pengamanan pada malam takbiran Hari Raya Idul Adha, Sabtu (9/7/2022) dengan melibatkan sekitar 1.000 personel.

Pelaksana Harian (Plh) Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Ahmad Mamora mengatakan, ada sekitar seribu personel gabungan yang terlibat dalam pengamanan malam takbiran Idul Adha tahun ini, sesuai dengan aturan Kemenag RI yang melarang adanya pawai ataupun takbiran keliling.

"Ini secara terpadu bersama Forkopimda melakukan langkah-langkah preventif, untuk mengantisipasi malam takbiran," ujar Kombes Pol Ahmad usai apel pengamanan malam takbiran di lapangan MPP Pekanbaru, Sabtu (9/7/2022).

Meski Pemko Pekanbaru sudah memberikan imbauan kepada masyarakat, pihaknya akan tetap melakukan patroli di lokasi yang dianggap rawan. Menurutnya, ini dalam rangka menjaga kelancaran menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Apabila dalam patroli ditemukan masyarakat melakukan takbir keliling, maka kita melakukan imbauan agar mereka kembali. Sesuai imbauan Pemko Pekanbaru, cukup dilaksanakan di tempat atau di masjid maupun musala," katanya.

Ia menegaskan, akan membubarkan masyarakat yang kedapatan menggelar takbir keliling. "Ada pembubaran, sifatnya imbauanlah. Seperti yang kita lakukan di malam minggu biasanya," tegasnya.

Terkait jumlah personel, Ia mengaku ada sekitar 1.000 personel gabungan dalam pengamanan ini, terdiri dari Polresta Pekanbaru, Kodim 0301 Pekanbaru, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar.

Sementara itu, Asisten III Setdako Pekanbaru Maskur Tarmizi mengatakan, pengamanan ini dilakukan supaya Hari Raya Idul Adha ini berjalan lancar, tertib dan tidak ada gangguan yang terjadi di lingkungan Kota Pekanbaru.

"Mereka floating bersama-sama dengan anggota Polresta dan Kodim untuk pengamanan malam takbiran," tandasnya. (*)

Tags : Pemko, TNI-Polri Lakukan Pengamanan, Takbir Keliling, Idul Adha 1443 Hijriyah,