Pendidikan   2024/01/23 16:6 WIB

Pemprov Riau Siapkan Dana Beasiswa Rp109 M, 'untuk Tingkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia'

Pemprov Riau Siapkan Dana Beasiswa Rp109 M, 'untuk Tingkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia'

PEKANBARU, RAAUPAGI.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya meningkatkan jumlah pemberian beasiswa kepada para mahasiswa Riau.

"Dana beasiswa untuk tingkatkan kualitas Sumberdaya Manusia di bidang pendidikan."

"Bantuan beasiswa ini telah disalurkan kepada 29.093 mahasiswa Riau baik yang menempuh perkuliahan didalam dan luar negeri," kata Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau Dr Imron Rosyadi, Senin (22/1/2024).

Imron Rosyadi menyebutkan dana beasiswa guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan pendidikan.

Ia mengatakan selama kurun waktu tahun 2019-2023, Pemprov Riau telah menyalurkan beasiswa untuk mahasiswa Riau sebesar Rp372 Miliar (M) lebih.

Pemprov Riau akan menyediakan kembali beasiswa senilai Rp109 miliar lebih di 2024. Nantinya, bantuan beasiswa ini akan diajukan oleh masing-masing universitas, dengan syarat-syarat yang ditetapkan oleh Pemprov Riau.

"Kita berharap beasiswa untuk jenjang pendidikan D3 dan S1 ini, bisa membantu masyarakat kurang mampu di Riau, yang tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," ucapnya.

"InshaAllah dalam waktu dekat ini kita akan mengundang universitas yang ada di Riau, untuk pengajuan bantuan sosial beasiswa. Persyaratannya nanti disusun sesuai dengan aturan yang ada," tambah Imron.

Dijelaskan Imron, pada tahun yang lalu kampus mengajukan bantuan sosial beasiswa sebanyak 74 kampus, dengan jumlah mahasiswa penerima bantuan sebanyak 1.300 lebih mahasiswa. Pengajuan beasiswa ini diajukan kampus-kampus setelah mendapatkan proposal dari mahasiswa.

"Hampir seluruh universitas baik Negeri dan swasta yang mangajukan beasiswa ini. Tahun lalu ada sekitar 1.300 mahasiswa penerima beasiswa dari Pemprov Riau. Insha Allah beasiswa lainnya untuk S2 dan S3 juga ada, ketika dibuka akan kami sampaikan," pungkas Imron. (*)

Tags : beasiswa, dana beasiswa pemprov sediakan dana beasiswa, beasiswa untuk tingkatkan kualitas sumberdaya manusia, pendidikan,