Headline Olah Raga   2022/03/20 13:52 WIB

Penonton Berjejalan Memasuki Sirkuit Mandalika, 'Pawang Mati-matian Tahan Agar Tak Hujan'

Penonton Berjejalan Memasuki Sirkuit Mandalika, 'Pawang Mati-matian Tahan Agar Tak Hujan'

OLAHRAGA -- Gelaran Pertamina MotoGP Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika memasuki acara puncak pada Ahad (20/3/2022). Pengunjung mulai berdatangan ke area sirkuit sejak pagi hari meskipun balapan inti MotoGP-nya baru akan digelar pada pukul 15.00 WITA.

Kendati demikian, akan ada balapan untuk Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang digelar pukul 09.00 WITA. Setelah itu, akan ada sesi pemanasan dari Moto3, Moto2 dan MotoGP mulai 10.00 WITA masing-masing sepuluh menit. Selanjutnya balapan Moto3 pukul 12.00 WITA dan Moto2 pukul 13.20 WITA.

Pengunjung sudah mulai berjejalan masuk melalui tiga gate yang disediakan sesuai dengan warna tiket yang dimiliki. Bagi pengunjung yang memiliki tiket warna merah masuk melalui gate 1, adapun tiket warna biru masuk melalui gate 2 dan tiket warna hijau masuk di gate 3.

Semua pengunjung yang hendak masuk harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi sementara bagi pengunjung dari luar negeri bisa menggunakan bukti vaksin Covid-19 minimal tahap kedua.

Terjadi penumpukan di ketiga gate masuk penonton karena petugas harus memeriksa barang bawaan mereka. Para pengunjung tampak mengantre di bawah terik matahari. Tapi antusiasme yang tinggi tidak menyurutkan keinginan mereka untuk menonton event balap ini.

Tapi ada satu hal yang unik di tengah antrean pengunjung tersebut. Tampak sekelompok pengunjung yang membawa spanduk yang bertuliskan nomor '46' milik legenda MotoGP Valentino Rossi. Meskipun sudah pensiun, The Doctor tampaknya tak pernah lepas dari hati masyarakat Indonesia.

Bahkan VR46 menyediakan booth besar di dalam area sirkuit. Pengunjung juga tampak mengunjungi stan tersebut untuk berbelanja merchandise resmi milik idola mereka. Berbagai macam perlengkapan mulai dari kaus, topi, tas dan banyak item lainnya dijual di booth tersebut.

Media sosial dihebohkan dengan penampakan seorang pawang hujan yang ada di ajang dunia motor balap MotoGP Mandalika 2022 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kehadiran pawang hujan mungkin tak asing lagi, namun lantaran tersorot kamera dalam ajang MotoGP Mandalika akhirnya menjadi perhatian publik.

Diketahui, saat ini adalah musim hujan dengan cuaca yang tak menentu, menjadi tantangan tersendiri bagi pihak penyelenggara MotoGP Mandalika 2022.

Rupanya, pihak penyelenggara memilih untuk mengakali cuaca dengan bantuan jasa pawang hujan telah dimulai sejak Jumat (18/3/2022).

Salah satu pawang hujan yang sudah berkali-kali dipercaya oleh pemerintah untuk acara-acara nasional ialah Rara Isti Wulandari.

Saat ditemui awak media, Rara tengah melakukan beberapa ritual yang dipercaya ampuh untuk mencegah hujan dan membuat cuaca lebih bersahabat.

Sebelumnya, Rara juga pernah menjadi pawang hujan dalam perhelatan Opening Asian Games 2018 lalu.

Rara sempat membeberkan honor yang diterimanya selama menjadi pawang hujan Mandalika.

Melalui akun Facebook pribadi miliknya bernama Cahaya Tarot, Rara membagikan tangkapan layar berupa pesan notifikasi transfer, dikutip dari Suara.com.

Dalam tangkapan layar itu, diketahui Rara mendapatkan bayaran yang ditaksir mencapai jutaan rupiah. Namun untuk rinciannya, dia menutupi angka pertama.

"Alhamdulillah. Maturnuwun. Terima kasih. Rejeki Hoki All Universe Mandalika Street Circuit," tulis Rara dikutip Hops.id--jaringan Suara.com, Minggu, 20 Maret 2022.

Diketahui, Rara, mengaku memang secara resmi dipekerjakan Indonesia Tourism Development Corporation selaku perusahaan BUMN pemilik Sirkuit Mandalika yang juga membawahi MGPA selaku panitia penyelenggara.

"Saya dibayar MGPA dan ITDC. Bayaran saya itu tiga digit untuk 21 hari," bebernya.

Rara menjelaskan bahwa dirinya memang sudah lama menjadi spesialis pawang hujan termasuk untuk acara-acara pemerintah seperti vaksinasi massal bahkan hingga upacara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang lalu. (*)

Tags : motogp mandalika, motogp mandalika 2022, motogp 2022, penonton motogp, penonton motogp mandalika,