Siak   2022/03/21 9:21 WIB

Gubri Tanam Pohon 'Galakkan Program Riau Hijau' yang Dimulai Dari Desa

Gubri Tanam Pohon 'Galakkan Program Riau Hijau' yang Dimulai Dari Desa

SIAK - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengharapkan program Riau Hijau dimulai dari desa, kelurahan, kampung-kampung dan seluruh kecamatan yang ada di Riau.

"Program Riau Hijau menyelamatkan lingkungan lestari dan agar ekonomi bisa bangkit dan maju."

"Saya sependapat, ini tidak hanya provinsi (melakukan Riau Hijau). Provinsi hanya memfasilitasi pelaksanaannya di daerah, kecamatan, kampung-kampun, itu yang paling penting," sebut Gubri Syamsuar, Minggu (20/3/2022).

Menurutnya, kalau tidak dilaksanakan di daerah percuma, ini berdampak untuk masyarakat semua.

Kalau hanya dilaksanakan oleh provinsi maka kurang efektif, "daerah Riau sangat luas dan jika program riau hijau dilaksanakan mulai dari daerah akan berdampak untuk semua," katanya, di Kampung Tuah Indrapura Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak.

Gubri juga menginginkan agar desa bisa mandiri menjaga hutan karena hutan bagian dari kehidupan manusia. Apalagi sebutnya, Riau juga masuk beberapa provinsi pembangunan rendah karbon di Indonesia.

"Ini semua adalah bagian dari upaya cinta lingkungan."

"Kalau di pekarangan rumah kita tanam lima pohon saja, itu sudah bagian dari hutan. Di rumah saja bisa cinta hutan dan lingkungan, harapan kami ini bisa kita pelihara. Disamping itu, Riau juga menjadi daerah program mangrove terluas dan terbesar dalam rangka memperbaiki lingkungan mangrove," sebutnya seperti dilansir dari mcr.

Menurutnya, cinta lingkungan menjadi hal yang penting. "Kalau tidak cinta lingkungan akibatnya pada kehidupan manusia itu sendiri," katanya.

Diakuinya, program Riau Hijau digesa dan dibantu banyak NGO dan Perguruan tinggi, banyak perusahaan asing yang datang ke Riau ingin berinvestasi, sekaligus ingin tahu sikap pemerintah terhadap ekonomi hijau. "Efeknya, kalau tidak menyelamatkan lingkungan, mereka tidak mau lagi menerima produk kita, dan tentu berdampak pada ekonomi. Jadi karena itu tentunya saya bersyukur teman-teman NGO selalu support memberikan masukan," ujarnya.

Pemprov Riau menginginkan Riau Hijau dan ekonomi hijau sampai ke generasi berikutnya. "Harapan saya anak-anak cinta lingkungan, dan tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya. (*)

Tags : Gubernur Riau Syamsuar, Program Riau Hijau, Riau Hijau Dimulai Dari Desa,