Sosial   2022/03/21 9:36 WIB

Sambut Ramadan, Relawan Peduli Covid-19 Riau Gelar Donor Darah

Sambut Ramadan, Relawan Peduli Covid-19 Riau Gelar Donor Darah

PEKANBARU - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru bersama Relawan Peduli Covid-19 Riau melaksanakan bakti sosial kemanusiaan donor darah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

"Kebutuhan akan darah biasanya semakin meningkat pada bulan puasa menjadi alasan kegiatan sosial ini terus digelar."

"Kegiatan donor darah ini telah beberapa kali dilaksanakan. Dalam kegiatan ini ditargetkan dapat mengumpulkan 4.000 kantong darah," kata Ketua Relawan Peduli Covid-19 Riau, Sarwie Tan didampingi Ketua Pelaksana Relawan Peduli Covid-19 Riau, Dirmanto Chang.

Dia mengatakan kegiatan donor darah ini akan digelar selama 6 hari, mulai 25 hingga 30 Maret 2022 mendatang. Relawan Peduli Covid-19 Riau bersama dengan PMI Kota Pekanbaru membutuhkan akan darah di Kota Pekanbaru setiap bulannya diperkirakan mencapai sekitar 6.000 hingga 7.000 kantong.

"Untuk mengantisipasi ketersediaan darah pada bulan suci Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi, kami Relawan Peduli Covid-19 Riau kembali diajak oleh PMI Kota Pekanbaru untuk mengadakan kegiatan donor darah ini," kata Sarwie, Minggu (20/3/2022).

Kegiatan ini digelar di One Street Food (OSF), Komplek Pemuda City Walk, Jalan Pemuda, Kota Pekanbaru. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Setiap pendonor nantinya akan diberi buah tangan berupa minyak goreng, masker, hand sanitizer, serta makanan ringan.

"Kita mengajak semua masyarakat Kota Pekanbaru untuk bisa mendonorkan darahnya pada kegiatan ini. Karena ini merupakan kegiatan mulia yang bermanfaat untuk banyak orang," kata Dirmanto.

Koordinator Lapangan Donor Darah, Yullian mengatakan pendaftaran donor darah itu bisa dilakukan melalui link web https://forms.gle/TaBFhTHxVvzFz8jQ9 atau melalui telepon ke sekretariat Relawan Peduli Covid-19 Riau di nomor 0823 8888 6449.

"Hingga hari ini jumlah pendonor yang mendaftar sudah ribuan orang. Dengan mengajak orang untuk mendonorkan darah berarti kita telah berbuat 2 perbuatan mulia, yaitu kita telah memberi darah kita kepada orang yang membutuhkan dan kita telah memberi kesempatan kepada orang lain untuk berbuat kebajikan," sebutnya. (*)

Tags : Relawan Peduli Covid-19 Riau, Palang Merah Indonesia, Pekanbaru, Donor Darah di Pekanbaru,