Pendidikan   2023/10/06 11:45 WIB

Pentingnya Buku Pendamping Bagi Siswa, 'untuk Melengkapi Buku Pelajaran yang Digunakan di Sekolah'

 Pentingnya Buku Pendamping Bagi Siswa, 'untuk Melengkapi Buku Pelajaran yang Digunakan di Sekolah'

BUKU PENDAMPING untuk di Wilayah Riau dinilai penting bagi siswa untuk melengkapi buku pelajaran yang digunakan di sekolah.

"Para pelajar di Riau masih membutuhkan buku-buku pendamping untuk melengkapi buku pelajaran yang digunakan di sekolah."

"Buku pendamping itu penting supaya siswa tidak hanya terlatih aspek kognitifnya saja," ungkap salah seorang wali murid dalam bincang-bincangnya, tadi Jumat (6/10/2023).

Oleh karena itu, kata dia berharap adanya kerja sama dengan sekolah turut menyalurkan buku pendamping itu kepada para siswa di tingkat Sekolah Dasar [SD], Sekolah Lanjutan Tigkat Pertama [SLTP/SMP], MI dan MTs.

Beberapa buku pendamping juga tersedia di antaranya merupakan buku pelatihan khusus untuk guru.

Selain itu buku yang disalurkan ditengah masyarakat khususnya dikalangan pendidik itu berupa buku pendamping untuk beberapa mata pelajaran utama di sekolah.

"Ada pula buku cerita untuk melatih imajinasi anak. Hal ini berguna untuk menunjang proses belajar di sekolah," kata wali murid itu.

Menurutnya, ada tiga aspek yang perlu dikembangkan dalam diri siswa. Ketiga aspek itu ada aspek afeksi, psikomotorik, dan kognitif.

"Jika hanya kognitif saja, anak akan menjadi seorang penghafal," katanya.

Ketiga aspek itu harus segera ditanamkan sejak dini. Oleh karena itu menurutnya, pemberian buku pendamping kepada anak SD sudah tepat karena siswa SD mulai menanamkan nilai-nilai yang menjadi dasar perkembangannya.

Biaya operasional menurutnya telah menyurvei beberapa sekolah di Kota Pekanbaru hingga daerah yang layak untuk buku ini karena rata-rata sekolah masih kesulitan dalam membiayai operasional belajar.

Selain itu, ada juga SD masih memiliki siswa-siswa yang berpotensi.

Bahkan ada sekolah status sekolah yang merupakan sekolah kecil dengan 5 ruang kelas. Siswa kelas I dan II harus berbagi ruang kelas, "yang seperti ini masih sangat memerlukan buku pendamping ini," jelasnya. (*)

Tags : buku pendamping, pentingnya buku pendamping, pendidikan, pentingnya buku pendamping bagi siswa, buku pendamping untuk melengkapi buku pelajaran di sekolah,