Headline Riau   2020/12/19 12:54 WIB

Penumpang Mulai Ramai, Bandara SSK II Sediakan 'Layanan Test Cepat'

Penumpang Mulai Ramai, Bandara SSK II Sediakan 'Layanan Test Cepat'

Penumpang pesawat mulai meningkat menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim II Kota Pekanbaru memperkirakan jumlah penumpang akan mencapai puncaknya pada 24 Desember mendatang.

PEKANBARU - Eksekutif General Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Kota Pekanbaru Yogi Prasetyo dalam pernyataan pers mengatakan jumlah penumpang mengalami tren positif dibandingkan dengan bulan sebelumnya di tengah pandemi COVID-19. "Jika dibanding bulan sebelumnya di tahun 2020, jumlah penumpang naik sekitar 20 persen. Dan kita berharap seluruh pengguna jasa bisa mematuhi protokol kesehatan," katanya pada media, Jumat (18/12).

"Kami prediksi puncaknya (penumpang, red.) di H-1 sebelum Natal, dan H+1 setelah Tahun Baru," ujarnya yang menyebutkan otoritas Bandara Pekanbaru tetap mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 seperti protokol kesehatan yang diterapkan seperti pengukuran suhu bagi penumpang yang akan berangkat, penerapan pembatasan sosial di area bandara, dan pemakaian masker bagi orang yang beraktivitas di bandara.

Selain memasang kamera pengukur suhu tubuh untuk penumpang, pihak bandara setempat juga menyediakan layanan uji cepat. Setiap penumpang diperiksa kelengkapan surat kesehatannya oleh petugas yang bersiaga di terminal keberangkatan dan terminal kedatangan. "Jadi disini operasional bandara kita sangat ketat menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19," katanya.

Otoritas bandara melakukan layanan tes cepat dengan tarifnya Rp85.000 per orang dan hasilnya bisa didapatkan maksimal 15 menit. "Untuk rapid antigen serta swab test  (tes usap) pengguna jasa bisa dilaksanakan rumah sakit atau fasilitas kesehatan resmi," katanya.

Sejak tanggal 18 Desember 2020, Bandara Internasional Sultan Syarim Kasim (SSK) II Pekanbaru melayani rapid test antigen untuk calon penumpang pesawat, sebelumnya hanya melayani rapid test biasa.

Yogi Prasetyo mengatakan, adapun tujuan utama menyediakan tes Covid-19 yang cukup lengkap ini sebagai upaya untuk mendukung penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan serta untuk memastikan penerbangan yang sehat. "Bandara siap mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid 19. Untuk kenyamanan dan pelayanan, saat ini kami tak hanya melayani rapid test namun juga rapid test antigen," ujarnya.

Layanan rapid test antigen tersedia di airport healt center yang berada di area parkir Bandara SSK II dan waktu operasionalnya dibuka setiap hari yakni Senin sampai Minggu dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. (*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Jelang Natal, Penumpang Mulai Ramai, Bandara SSK II Pekanbaru, Layanan Test Cepat,