Rokan Hilir   2021/03/24 14:9 WIB

Perayaan Bakar Tongkang Masih Tunggu Keputusan Bupati Rohil

Perayaan Bakar Tongkang Masih Tunggu Keputusan Bupati Rohil

BAGANSIAPIAPI - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Rokan Hilir (Rohil), Budiman ST menyatakan, perayaan ritual Bakar Tongkang 2021 masih menunggu keputusan Bupati Rokan Hilir dan para tokoh masyarakat Tionghoa.

"Saat ini kita belum bisa pastikan apakah bakar tongkang dirayakan seperti tahun sebelumnya atau tidak. Hal itu dikarenakan masih meningkatnya kasus Covid-19. Kita akan lakukan koordinasi dengan Bupati Rohil dan para tokoh masyarakat Tionghoa," kata Budiman ST pada wartawan, Senin (22/3).

Menurutnya, besar kemungkinan perayaan ritual bakar tongkang tahun ini dirayakan seperti tahun lalu yakni untuk masyarakat lokal saja. Selain bakar tongkang, kegiatan Paskibraka juga menunggu kebijakan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). "Kita masih menunggu arahan, apakah pelaksanaanya seperti tahun lalu atau ada informasi terbaru dalam pelaksanaan HUT RI," tutur Budiman.

Sementara itu, untuk pengembangan pariwisata di Negeri Seribu Kubah saat ini terkendala anggaran. Namun demikian pihaknya berupaya menggaet mencari investor. "Kondisi keuangan daerah kita sangat minim untuk mengembangkan pariwisata," kata dia.

Dispora, kata Budiman, tahun ini berupaya mencoba untuk meningkatkan dan menggalakkan ekonomi kreatif (ekraf). "Saat ini ada 18 sub sektor, namun tahap awalnya akan kita carikan dulu minimal 3 sub sektor saja," ujar Budiman. (*)

Tags : Perayaan Bakar Tongkang, Rohil, Keputusan Bupati Rohil Perayaan Bakar Tongkang,