Riau   2022/12/18 15:2 WIB

Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-77 Tahun 2022 Meriah, 'Juga Dibaringi Berbagai Prosesi Kegiatan, Pagelaran Budaya dan Hiburan untuk Rakyat'

Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-77 Tahun 2022 Meriah, 'Juga Dibaringi Berbagai Prosesi Kegiatan, Pagelaran Budaya dan Hiburan untuk Rakyat'
Peringatan Hari Juang Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) ke-77 tahun 2022 dihadiri Wakil Gubenur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution, Sabtu (17/12/2022).

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Peringatan Hari Juang Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) ke-77 tahun 2022 juga dilakukan berbagai prosesi kegiatan yang meriah.

Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima, Brigjend. TNI Parlindungan Hutagalung, S.AP menghadirkan Musisi dan Band Ibu Kota Jakarta, Jikustik dan band lokal Provinsi Riau guna meriahkan pagelaran budaya dan hiburan di halaman Kantor Gubernur Riau, Sabtu 17 Desember 2022 malam.

Gubenur Riau, Syamsuar diwakili Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution tampak hadir bersama Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, Kapolda Riau diwakili Irwasda Polda Riau Kombes. Pol. Hermansyah, Danlanud diwakili Kapentak Letkol. Edison Bintal, Kajati Provinsi Riau Dr. Supardi SH. MH, Kasrem 031/WB, Kol. Inf. Abzen Sianturi, SIP. M.M, Para Kasi Korem 031/WB, Para Dandim Jajaran Korem 031/WB, Para Disjan Rem 031/WB, Para Dandim Jajaran Korem 031/WB dan 500 orang masyarakat Kota Pekanbaru.

Dalam sambutan di malam puncak, Brigjen Parlindungan Hutagalung mengatakan, pagelaran budaya dan hiburan tersebut dipersembahkan untuk rakyat, sesuai dengan tema kita di Hari Juang TNI AD ke-77 tahun 2022 ini ‘TNI Angkatan Darat Di Hati Rakyat’.

Sebagaimana ia mengulas balik, Hari Juang TNI AD yang selalu diperingati setiap tanggal 15 Desember setiap tahunnya terlahir dari peristiwa pertempuran yang dilakukan oleh para pendahulu TNI AD bersama-sama rakyat dalam mempertahankan wilayah Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 lalu. Peristiwa inilah yang akhirnya dijadikan momentum HUT TNI AD.

“Maka pada malam puncak ini, kita adakan pagelaran budaya dan panggung hiburan dengan harapan dapat menjadi wadah instrospeksi dan evaluasi menuju TNI AD yang lebih baik. Terutama dalam menjalankan tugas serta memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa, negara dan masyarakat,” kata Danrem 031/WB.

Disamping itu, kegiatan yang bertema ‘TNI Angkatan Darat Di Hati Rakyat’ ini juga menjadi momentum dalam membulatkan tekad dan mantapkan langkah menuju TNI AD untuk menjadi Angkatan Darat yang lebih baik, lebih kuat, lebih tangguh dan semakin dapat diandalkan.

Wakil Gubernur Riau juga merupakan Purnawirawan TNI AD, Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution turut menyampaikan pesan kepada para prajurit TNI AD agar selalu dekat dengan masyarakat, serta menerapkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam pelaksanaan tugas.

“Tetap semangat, tunaikan Sumpah dan mandat kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia yang dapat menjamin keamanan dan keselamatan Nusa dan Bangsa. Itulah kunci agar TNI AD di Hati Rakyat dan selalu dicintai rakyat. Selamat Hari Juang TNI Angkatan Darat (AD) ke-77 dan Hari Infanteri Ke-74 saya bangga kepada kalian semua,” ungkap Edi.

Mengisi acara panggung budaya dan hiburan tersebut, turut ditampilkan tarian Kontemporer dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau, penampilan Band Jikustik dari Ibu Kota Jakarta, penampilan Band Lokal Kota Pekanbaru dan terakhir penampilan Dangdut Koplo. 

Momen malam budaya 

Korem 031/Wira Bima, menggelar Hiburan Malam Budaya. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Juang ke-77 TNI AD  dan HUT ke-74 Infanteri. Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung mengatakan, bahwa rangkaian kegiatan tersebut sudah diselenggarakan sejak tanggal 14 Desember 2022.

"Hari Juang TNI AD diambil dari peristiwa Palagan Ambarawa. Namun, kita sudah mulai acara peringatannya sejak tanggal 14," jelas Danrem di halaman kantor Gubernur. 

Dibalik Hari Juang TNI AD ini, besar harapannya kepada TNI AD dalam mewarisi nilai-nilai patriotisme, Nasionalisme, dan cinta tanah air.

Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung juga menggelar berbagai kegiatan membantu masyarakat dan para pejuang Riau (Veteran).

"Acara ini untuk memaknai perjuangan Jenderal besar Sudirman ketika Belanda mencoba untuk kembali melakukan agresi ke wilayah Indonesia. Namun, dengan segenap keterbatasan personil maupun materil panglima besar Sudirman bisa memenangkan pertempuran. Artinya TNI AD harus mewarisi nilai-nilai dalam mengabdikan diri kepada bangsa," tegasnya.

Ia menambahkan, dalam memperingati Hari Juang TNI AD acara yang digelar bukan hanya malam budaya. Tapi, ada beberapa rangkaian acara lainnya, yaitu bakti sosial di antarahya donor darah, sunat masal, dan berbagi sembako.

"Selanjutnya, ada ziarah, doa bersama. Lalu, kunjungan kepada keluarga maupun menjenguk tentara-tentara yang sedang dirawat dirumah sakit. Kemudian, bakti sosial di Pekanbaru yang kita pusatkan di sekala besar. Seluruh Kodim juga menjalankannya," ucapnya.

Acara ini mengusung tema "TNI Angkatan Darat dihati rakyat". Tema ini, artinya yang kita inginkan tidak ada jarak antara TNI kita dengan rakyat. 

Ia menambahkan, acara malam budaya ini dipersembahkan untuk rakyat dan akan dilanjutkan dengan senam dan bazar.

"Untuk malam ini kita buat acara untuk menghibur masyarakat kita. Pada Minggu pagi juga dilaksanakan senam masal dan juga bazar. Puncak acaranya ada di hari senin yaitu dalam memperingati HUT Infanteri," ungkapnya. 

Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung juga menggelar berbagai kegiatan untuk masyarakat dan para pejuang Riau (Veteran).

Adapun rangkaian kegiatan tersebut, diantaranya, kegiatan Donor darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, Sunnatan Massal, Bakti Sosial (Baksos) Anjangsana ke kediaman Veteran, ziarah ke makam pahlawan hingga upacara puncak yang awalnya juga akan di meriahkan dengan terjun payung dan pawai Alutsista.

“Untuk donor darah ini, juga diikuti oleh TNI/Polri, masyarakat, berbagai intansi serta organisasi yang ada di Riau,” katanya.

Jenderal bintang satu ini juga menegaskan, jika kegiatan ini sesuai dengan tema HUT tahun ini, yaitu “TNI-AD di Hati Rakyat. Artinya, TNI itu tidak bisa dipisahkan dari rakyat dan untuk rakyat. Termasuk para pejuang yang sebelumnya telah berjuang untuk masyarakat dan negara.

“Kita juga telah melakukan kunjungan atau anjangsana pada saudara-saudara kita pejuang (Veteran). Kunjungan ini sebagai bentuk dukungan untuk terus membangkitkan semangat pejuang kita."

"Kita harap ini juga sebagai mempererat hubungan silaturahmi rasa kebersamaan yang telah terbentuk selama ini,” tegasnya.

Ia juga mengatakan pada kegiatan berikutnya ia bersama seluruh jajaran juga akan meberikan bantuan Sembako pada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian Korem 031 Wira Bima bersama seluruh jajaran di Riau yang diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang mebutuhkan.

“Jadi selain kegiatan Bakti Sosial kita juga akan meberikan bantuan Sembako untuk masyarakat kita yang membutuhkan. Sekali lagi kita berharap kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat, Veteran dan jajaran TNI AD dalam menjalankan program untuk masyarakat kedepan,” jelasnya.

Sementara Wakil Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution mengimbau para prajurit TNI AD tetap berpegang teguh kepada sumpah seorang prajurit.

"Sebagai senior di TNI AD saya mengingatkan untuk tidak melupakan rambu-rambu sapta marga sumpah prajurit dan delapan wajib TNI," ucap Edy Natar saat malam puncak Hari Juang ke-77 TNI AD dan HUT ke-74 Infanteri di halaman Kantor Gubernur Riau.

Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima, Brigjend. TNI Parlindungan Hutagalung, S.AP

"Itulah kunci agar kita dicintai oleh rakyat dan hal ini yang harus di perhatikan oleh seluruh prajurit," ujar mantan Danrem 031/WB itu.

Dijelaskannya, delapan wajib TNI disebutkan tentang bagaimana seorang prajurit TNI harus bersikap ramah tamah terhadap rakyat, sopan santun, menjunjung tinggi kehormatan wanita dan senantiasa menjadi contoh dalam sikap serta kesederhanaanya.

"Kemudian, tidak sekali-kali merugikan rakyat dan menakuti hati rakyat, serta menjadi contoh mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat dan sekelilingnya," tuturnya.

Lebih lanjut, Wagubri Edy mengucapkan selamat atas peringatan Hari Juang TNI AD dan HUT Infanteri, serta berharap kepada seluruh prajurit TNI AD di Riau bisa melaksanakan tugas sebaik mungkin.

"Selamat hari juang ke-77 TNI AD dan selamat hari ulang tahun ke-74 infanteri. Saya bangga kepada kalian semua," pungkasnya. (*)

Tags : Peringatan Hari Juang Ke-77, Riau, Peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2022, Prosesi Kegiatan Hari Juang TNI AD, Peringatan Hari Juang Digelar Hiburan ,