Tni - Polri   2023/10/16 17:22 WIB

Peringatan HUT Ke-78 TNI, yang Semakin ada untuk Masyarakat 

Peringatan HUT Ke-78 TNI, yang Semakin ada untuk Masyarakat 
Dalam rangka memperingati HUT Ke-78 TNI tahun 2023, Korem 031/WB menggelar upacara ziarah nasional.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dalam rangka memperingati HUT Ke-78 TNI tahun 2023, Korem 031/WB menggelar upacara ziarah nasional. Upacara dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma, Kota Pekanbaru, Rabu (04/10/2023).

Komandan Korem 031/Wira Bima, Dany Rakca Andalasawan mengungkapkan, kegiatan hari ini merupakan bentuk penghormatan pada pahlawan yang berbakti pada bangsa dan negara. Dimana, hingga saat ini Indonesia bisa tetap solid dan maju, serta berdaulat karena jasa mereka.

"Dengan mengadakan ziarah ini, yang kita lakukan ini sebagai bentuk kepedulian dan semangat dalam menghormati jasa pahlawan sebelumnya. Sekarang ini, saya, kami, kita semua ada disini berkat pahlawan itu sendiri," jelasnya.

Komandan Korem itu turut mengingatkan masyarakat agar tidak melupakan sejarah dan jasa-jasa pahlawan seperti yang disampaikan oleh presiden pertama Republik Indonesia dalam pidato terakhirnya. Semboyan itu berbunyi "JASMERAH", yakni singkatan dari jangan sekali-kali melupakan sejarah.

"Ingat kata Pak Soekarno, JASMERAH. Jangan sekali-kali melupakan sejarah," ungkapnya.

Rangkaian upacara ziarah nasional ini diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh inspektur upacara, Komandan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Mohammad Nurdin. Dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga, pembacaan do’a, dan di akhiri dengan tabur bunga bersama peserta upacara dan tamu undangan lainnya.

Turut hadir mengikuti rangkaian upacara tersebut, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen TNI (Pur) Edy Natar Nasution, Kapolda Riau, M. Iqbal, dan tamu undangan lainnya.

Sementara Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, mengharapkan keberadaan TNI bisa semakin dirasakan oleh masyarakat.

"Kita harap di hari HUT TNI ini, TNI semakin bersama masyarakat, semakin ada untuk masyarakat," ujar Muflihun, usai menghadiri parade dan defile dalam rangka peringatan HUT ke-78 TNI tahun 2923 di halaman Kantor Gubernur Riau, Kamis (5/10/2023).

Menurutnya, Pemko Pekanbaru intinya terus bersinergi dengan TNI dan juga Forkopimda dalam rangka membangun Pekanbaru lebih baik kedepannya.

Untuk itu, dirinya yang merupakan perwakilan dari Pemko Pekanbaru turut mengucapkan selamat atas HUT ke-78 TNI.

Dikatakannya, TNI ini berasal dan dibentuk oleh masyarakat. Jadi TNI itu adalah bagian dari masyarakat.

Ia menyebut, kegiatan defile yang dilakukan TNI adalah dalam rangka memperkenalkan TNI kepada masyarakat.

"Saya rasa ini pertama di Pekanbaru, baru ini saya lihat. Dan kami apresiasi TNI. Ini merupakan sejarah yang harus kita kembangkan dan siarkan dan beri pemahaman kepada anak-anak kita sebagai penerus bangsa," pungkasnya. (*)

Tags : hari ulang tahun tentara nasional indonesia, peringatan hut ke-78 tni, tni semakin ada untuk masyarakat ,