Kampar   2023/10/16 17:27 WIB

Pemkab Kampar Raih Penghargaan Universal Health Coverage dengan Capaian 97,70 Persen

Pemkab Kampar Raih Penghargaan Universal Health Coverage dengan Capaian 97,70 Persen
Pemkab Kampar Raih Penghargaan Universal Health Coverage [UHC] 2023.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemkab Kampar meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Pemprov Riau atas pencapaian persentase UHC yang mencapai 97,70 persen.

"Penghargaan Universal Health Coverage untuk Kabupaten Kampar."

Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap upaya Kabupaten Kampar dalam mendaftarkan 97,70 persen penduduknya sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Gubernur Riau, Syamsuar secara resmi menyerahkan penghargaan tersebut kepada Pj Bupati Kampar, Muhammad Firdaus yang diwakili Pj Sekda Kampar, Ramlah dalam acara Launching UHC Provinsi Riau, Senin (16/10/2023).

Pj Sekda Kampar, Ramlah menyampaikan kebanggaan atas pencapaian tersebut dan mengungkapkan, ini merupakan hasil komitmen Pj Bupati Kampar yang selalu memperhatikan kesejahteraan masyarakat dalam hal kesehatan.

"Penghargaan ini adalah bentuk pengakuan atas komitmen kabupaten kampar dalam mencapai UHC tahun 2023. Semoga ini bisa menjadi wujud nyata pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat," ujar Ramlah.

Gubernur Riau, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mencapai UHC di Provinsi Riau. Ia juga menekankan pentingnya pelayanan kesehatan yang bermutu dan merata untuk seluruh masyarakat Riau.

"Saya juga mendukung dan mengapresiasi pemerintah kabupaten/kota yang telah mendukung program JKN dengan baik. Ini memastikan, masyarakat di provinsi riau mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima," ucap Syamsuar.

Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Kampar dalam menjamin kesehatan masyarakatnya. Dengan UHC, masyarakat dapat berobat secara gratis hanya dengan menggunakan KTP, sehingga diharapkan kesehatan masyarakat semakin terjamin.

Terpisah, Dirut BPJS, Ali Ghufron Mukti menekankan upaya BPJS Kesehatan dalam memastikan seluruh penduduk terdaftar dalam Program JKN-KIS.

BPJS Kesehatan juga berupaya memperluas akses layanan kesehatan dengan kerja sama bersama fasilitas kesehatan di berbagai tingkatan.

"Kita mendorong kementerian dan Pemda terkait untuk memenuhi sarana dan prasarana di daerah, sehingga mutu layanan kesehatan dapat dirasakan sama di seluruh wilayah," tutupnya.

Penghargaan UHC Award ini menjadi bukti nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Kampar dalam memastikan kesehatan masyarakatnya terjamin dan setiap warga dapat mengakses pelayanan kesehatan yang bermutu. (rp.rom/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : Universal Health Coverage , Penghargaan Universal Health Coverage, Pemkab Kampar Raih Penghargaan UHC 2023,