Headline News   2021/05/07 23:36 WIB

Perkembangan Terbaru, Mayoritas Pasien Corona Usia Produktif

Perkembangan Terbaru, Mayoritas Pasien Corona Usia Produktif

PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menyebutkan bahwa mayoritas pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau berasal dari kelompok usia produktif. Mereka umumnya memunyai mobilitas kegiatan di luar. 

Ia menerangkan, berdasarkan analisa data yang terkonfirmasi Covid-19 di Riau dari Maret hingga 7 Mei 2021 adalah mereka berusia di atas 18-40 tahun sebesar 46 persen, usia 40-60 tahun sebesar 31,6 persen, usia 5-18 tahun sebesar 11,3 persen, di atas 60 tahun sebesar 7,6 persen, dan usia balita sebesar 3,5 persen.  "Tentu ini merupakan suatu kewaspadaan buat kita semua untuk kondisi sekarang ini, dimana dengan kelompok usia tersebut itulah usia yang masih banyak berkumpul-kumpul di suatu tempat," ujarnya dalam Siaran Pers di Gedung Daerah, Jumat (7/5).

Kalau berdasarkan jenis kelamin, kata Mimi, kasus Covid-19 didominasi oleh laki-laki yakni 50,5 persen dan perempuan 49,5 persen. Sedangkan untuk pasien Covid-19 meninggal dunia paling banyak didominasi oleh usia 40-60 tahun yakni 50,8 persen, dilanjutkan dengan usia di atas 60 tahun yaitu 39,4 persen, sedangkan usia di bawah 40 tahun yakni 9,8 persen. 

Mimi menjelaskan, dari usia yang meninggal terbanyak adalah usia di atas 50 tahun. Yang mana dari data tersebut dilihat bahwa pasien positif Covid-19 paling banyak yakni usia produktif, tetapi yang meninggal adalah kelompok lanjut usia yaitu di atas 50 atau 60 tahun sebanyak 89 persen. "Kita berharap ini menjadi kewaspadaan bagi usia produktif untuk berhati-hati pulang ke rumah, sehingga orang tua di rumah terlindungi dari transmisi Covid-19 ini, tak lupa juga protokol kesehatan harus dilaksanakan untuk menghindari terjadinya transmisi," katanya.

Corona didominasi usia produktif

Sebelumnyam Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito juga menyampaikan perkembangan terbaru penanganan COVID-19. Dari data yang dihimpun Satgas COVID-19, mayoritas pasien Corona di Indonesia didominasi oleh usia produktif. "Jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia didominasi pada usia 19-45 tahun atau sebesar 55 persen. Ini adalah usia produktif," kata Prof Wiku dalam siaran pers di Youtube BNPB, Kamis (17/9).

"Penting untuk menjaga stamina tubuh, tidak lengah saat berkegiatan di luar rumah, dan selalu menjaga anggota keluarga terutama yang risiko rentan agar tidak tertular," sambungnya.

Sebagai kelompok usia dengan mobilitas sosial tinggi, Prof Wiku menyebut usia ini berpotensi besar menjadi carrier atau pembawa virus kepada keluarganya dan kelompok usia rentan. Dalam paparannya, Prof Wiku juga mengungkap 80 persen kasus berada di kelompok usia di atas 45 tahun. Kelompok usia ini diharapkan tidak berkegiatan di luar rumah. Jika terpaksa ke luar rumah, dipastikan untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. "Hindari penggunaan transportasi umum untuk mencegah penularan," ungkapnya. (*)

Tags : virus corona, covid-19, penularan virus corona,