Wisata   2024/04/25 12:21 WIB

Persiapan Lancang Kuning Carnival Riau Capai 70 Persen yang Melibatkan 10 Ribu Penari

Persiapan Lancang Kuning Carnival Riau Capai 70 Persen yang Melibatkan 10 Ribu Penari

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah mempersiapkan pergelaran Lancang Kuning Carnival, berbarengan dengan event Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

"Pemprov Riau persiapkan 10 ribu penari di Lancang Kuning Carnival Riau."

"Untuk tari masal Lancang Kuning pada iven BBI/BBWI dan Lancang Kuning Carnival sesuai rencana. Saat ini persiapan tari masal sudah 70 persen," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Rabu (23/4).

BBI/BBWI 2024 dan Lancang Kuning Carnival akan diselenggarakan pada 3-5 Mei 2024. Lokasinya berada di Halaman Kantor Gubernur Riau dan Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

Untuk Lancang Kuning Carnival sendiri nantinya akan menampilkan tari masal Lancang Kuning (Rentak Melayu) sebanyak 10.000 peserta penari, yang terdiri dari siswa SMP dan SMA sederajat di Pekanbaru.

Roni mengatakan, peserta tari masal Lancang Kuning yang terdiri dari pelajar SMP, SMA sederajat dan mahasiswa serta pegawai itu sudah melakukan latihan.

"Latihan dilakukan di masing-masing sekolah, mereka sudah latihan siang malam untuk mempersiapkan tari masal. Ada juga mereka latihan di halaman Purna MTQ Pekanbaru," sebut Roni.

Dikatakan Roni, Lancang Kuning Carnival adalah event yang berbasis fesyen. Garis besarnya yaitu untuk mengenalkan fesyen dan kultur Provinsi Riau.

Event ini merupakan sebuah festival berbasis fashion carnival menuju kancah internasional. Juga menyanyikan berbagai hiburan seperti musik, tari, dan pameran ekraf.

"Rangkaian acara besar dalam event Lancang Kuning Carnival yaitu Pawai Budaya. Setiap daerah akan menampilkan busana tradisional kostum dengan konsep karnaval," ujarnya.

Lancang Kuning Carnival akan mengangkat cerita sejarah, rakyat, tradisi, ataupun adat istiadat masyarakat dari daerah masing-masing. Lalu, ada pula Pesona Wastra Nusantara dan Artwere Carnival.

Lancang Kuning Carnival bakal menghadirkan 100 karya dari 15 orang designer ternama di Riau. Karya yang ditampilkan merupakan koleksi busana berbagai tema, seperti kontemporer, busana pesta, kebaya, busana muslim, koleksi, dan batik khas Riau. Kemudian ada pula beragam produk lokal dari provinsi lainnya. (*)

Tags : Bangga Buatan Indonesia, Bangga Berwisata di Indonesia, Lancang Kuning Carnival Riau, Pemprov Riau Persiapkan 10 Ribu Penari di Carnival 2024,