Pendidikan   2024/04/25 12:36 WIB

Disdik Pekanbaru Gandeng 3 OPD untuk Tingkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Disdik Pekanbaru Gandeng 3 OPD untuk Tingkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Pendidikan [Disdik] Pekanbaru gandeng 3 Organisasi Perangkat Daerah [OPD] untuk meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru [PPDB] 2024/2025.

"Disdik Kota Pekanbaru telah menggandeng sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD)."

"Kalau jalur pendaftaran masih empat jalur, belum ada perubahan. Pendaftaran di SD dan SMP juga online," kata Kadisdik Pekanbaru, Dr Abdul Jamal MPd, Rabu (24/4).

Dalam upaya meningkatkan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025, Kadisdik kerjasama lintas OPD tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan seluruh jalur PPDB, terutama di Kota Pekanbaru.

"Dalam PPDB tahun ini, terdapat empat jalur penerimaan yang telah disiapkan."

"Pertama adalah jalur zonasi, yang ditujukan bagi calon peserta didik yang tinggal di dekat lingkungan sekolah. Selanjutnya, terdapat jalur afirmasi untuk calon peserta didik yang kurang mampu secara ekonomi," sebut Abdul Jamal.

Jalur prestasi juga disediakan bagi mereka yang memiliki prestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Terakhir, terdapat jalur pindah orangtua untuk calon peserta didik yang mengikuti orangtua pindah tugas.

Abdul Jamal menjelaskan, untuk jalur zonasi, Disdik bekerjasama dengan Disdukcapil Kota Pekanbaru.

Sedangkan untuk jalur afirmasi, kerjasama dilakukan dengan Dinsos Kota Pekanbaru.

Untuk memastikan kelancaran pendaftaran secara online, Disdik juga berkoordinasi dengan Diskominfo Pekanbaru untuk memastikan jaringan internet yang optimal.

Meskipun demikian, Abdul Jamal menegaskan, hingga saat ini belum ada perubahan pada jalur penerimaan dalam PPDB.

"Kerjasama lintas OPD dalam PPDB ini diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah proses penerimaan peserta didik baru di Kota Pekanbaru, serta memberikan kesempatan yang lebih adil bagi semua calon peserta didik," terangnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Disdik Pekanbaru, PPDB Online, PPDB 2024/2025, Disdik Gandeng 3 OPD untuk Tingkatkan PPDB Online, pendidikan di pekanbaru,