News Kota   2023/06/16 11:20 WIB

Persiapan Malam Hari Raya Idul Adha di Pekanbaru akan Digelar Pawai Obor

Persiapan Malam Hari Raya Idul Adha di Pekanbaru akan Digelar Pawai Obor

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Hari Raya Iduladha di Pekanbaru masih menunggu sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag).

"Persiapan malam Hari Raya Idul Adha di Pekanbaru akan digelar pawai obor."

"Kita sudah persiapkan untuk malam Hari Raya Idul Adha di Pekanbaru akan digelar pawai obor. Tapi saat ini masih menunggu sidang isbat kapan jatuh Iduladha pada tahun ini," kata Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, Kamis (15/6).

Meski begitu, persiapan untuk salat Iduladha sudah dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Informasi dari Kemenag kemarin 28 Muhammadiyah dan 29 pemerintah, akan tetapi itu masih menunggu sidang isbat.

Pj Muflihun mengatakan, pihaknya masih menunggu sidang isbat dari Kemenag untuk penetapan Iduladha 2023. Berdasarkan paparan dari Kakan Depag Pekanbaru, ada 250 masjid yang nantinya akan menggelar Salat Iduladha di Pekanbaru.

Sementara untuk Pemko Pekanbaru, pihaknya belum memastikan akan melaksanakan salat Idul Adha di masjid mana. "Untuk pemko masih berdiskusi, kalau kemarin kan kita di Senapelan, nanti lah kita dudukan dimana salat idul adha untuk Pemko ini," katanya.

Akan tetapi kata Muflihun, pada malam takbiran Pemko Pekanbaru akan menggelar pawai. Namun, pawai ini tidak beriringan dengan kendaraan melainkan dengan orangnya langsung.

"Malam takbiran kita akan ada pawai, tapi ini lebih fokus pada manusianya, bukan mobil pawainya. Mungkin di situ ada masyarakat, BKMT, tokoh agama, kemudian anak-anak di kecamatan kita arahkan bawa obor biar semarak," sebutnya.

Ia juga menyebut, pada tahun ini dirinya juga akan berkurban. Dirinya juga mengimbau ASN di OPD kalau bisa juga berkurban.

"Kita kurban ada. Kita juga kemarin mengimbau kepada ASN kepala OPD untuk berkurban, tapi kurban ini tidak boleh dipaksa. Siapa yang mau silahkan berkurban," pungkasnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : idul adha, persiapan idul adha, malam hari raya idul adha, pawai obor, pemko pekanbaru gelar pawai obor, malam idul adha pawai obor, news kota,