Bisnis   2022/12/31 13:13 WIB

Pertamina Janji Awasi Distribusi Solar di Riau, 'juga Salurkan BBM Tambahan'

Pertamina Janji Awasi Distribusi Solar di Riau, 'juga Salurkan BBM Tambahan'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut berkomitmen untuk terus menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi tepat sasaran sesuai peraturan yang berlaku.

Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman, mengatakan pihaknya memastikan ketersediaan BBM subsidi jenis Solar berjalan dengan maksimal.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan jangan panic buying, pembelian BBM kami imbau untuk tetap sesuai dengan kebutuhan. Saat ini ketahanan stok jenis Solar secara nasional mencapai 20 hari," ujar Taufikurachman pada media, Rabu  (23/3).

Pertamina Patra Niaga bersama seluruh stakeholder dan pemerintah melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) akan terus meningkatkan edukasi dan sosialisasi mengenai regulasi yang telah dibuat mengenai penyaluran Solar subsidi.

"Untuk pelaku industri dan masyarakat mampu kami imbau agar menggunakan BBM diesel non subsidi yakni Dexlite dan Pertamina Dex dan Solar subsidi bisa digunakan oleh saudara-saudara kita yang lebih berhak dan membutuhkan," katanya.

Dia menjelaskan, hingga awal Maret tahun ini, untuk Provinsi Riau terdapat 202 lembaga penyalur yang mendistribusikan Solar sesuai dengan SK BPH Migas dengan realisasi penyaluran sebanyak 187.124 Kilo Liter (KL) atau 23,54 persen dari kuota yang ditetapkan pada tahun 2022 ini sebesar 794.787 KL.

"Kami akan terus memonitor seluruh proses distribusi Solar mulai dari Terminal BBM hingga konsumen. Khusus Solar subsidi, kami akan fokus pelayanan di jalur logistik serta jalur-jalur yang memang penggunanya adalah yang berhak," katanya.

Mengacu pada Peraturan Presiden nomor 191 Tahun 2014, pengguna yang berhak atas Solar subsidi untuk sektor transportasi adalah kendaraan bermotor plat hitam untuk pengangkut orang atau barang, kendaraan layanan umum (ambulance, pemadam kebakaran, pengangkut sampah).

Diakuinya, Pertamina Patra Niaga akan terus menggandeng masyarakat, pemerintah, dan seluruh pihak terkait dalam pengawasan Solar subsidi agar lebih tepat sasaran. Jika ada indikasi penyalahgunaan Solar subsidi masyarakat dapat melaporkan langsung ke aparat, dan jika kesalahan ada di pihak SPBU, Pertamina juga tidak segan akan menindak SPBU tersebut.

Untuk informasi terkait seluruh produk dan layanan Pertamina, ataupun jika ingin memberikan informasi terkait Solar subsidi di lapangan, masyarakat dapat langsung menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135. 

Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) mengklaim seluruh fasilitas penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) selama Lebaran 2022 dapat digunakan dengan baik dan aman.

"Melalui layanan tambahan Pertamina Siaga diharapkan masyarakat dapat menikmati perjalanan mudik dengan tenang serta Satuan Tugas (Satgas) BBM dan LPG Ramadhan dan Idul Fitri juga sudah kami aktifkan sejak 11 April 2022 dan direncanakan akan berakhir pada 10 Mei 2022," kata Area Manager Communication, Relation and CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan, pada media, Senin (2/5/2022).

Tjahyo mengatakan pihaknya menyiapkan stok tambahan dengan sembilan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kantong dan 2 titik motoris yang ditempatkan di beberapa titik SPBU yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan.

"Pertamina terus berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan stakeholder lainnya untuk memastikan penyaluran energi dapat tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukannya," ujarnya.

Selama mudik tahun ini, Pertamina juga memberikan layanan tambahan seperti SPBU Siaga di wilayah jalur potensial (jalur tol, jalur wisata, jalur logistik) yang disiagakan 24 jam sebanyak 80 SPBU siaga.

Kemudian dua SPBU modular di jalur Tol Trans Sumatera serta agen dan outlet LPG Siaga yang juga disiagakan hingga 24 jam khusus di wilayah dengan permintaan tinggi saat Ramadan dan Idul Fitri sebanyak 43 agen PSO dan tujuh agen non PSO.

Pertamina juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menggunakan BBM berkualitas, seperti Pertamax series dan Dex series demi menjaga performa kendaraan, khususnya saat mudik. Apabila ada pertanyaan, masyarakat diperkenankan menghubungi Pertamina Call Center di 135. (*)

Tags : Pertamina Patra Niaga, Awasi Distribusi Solar, Pertamina Salurkan BBM Tambahan di Sumbagsel,