Headline Tni - Polri   2022/01/29 17:23 WIB

Pesawat Tempur F-16 Kembali Keluarkan Ledakan Sonic Boom

 Pesawat Tempur F-16 Kembali Keluarkan Ledakan Sonic Boom
Ilustrasi

PEKANBARU - Pesawat Tempur F-16 kembali mengeluarkan suara keras ledakan Sonic Boom. Pesawat F-16 lakukan uji mesin yang dihasilkan dari mesin pesawat saat terbang di atas kecepatan melebihi suara.

"Ledakan yang terdengar bukan berasal dari darat, melainkan dari ketinggian 30 ribu kaki dengan radius 5-25 NM."

"Suara ledakan tersebut merupakan suara dentuman sonic, atau sonic boom yang dikeluarkan oleh mesin pesawat tempur F16 dalam rangka Functional Check Flight (FCF)," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Marsekal Pertama (Marsma) TNI, Andi Kustoro SE, melalui Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Letkol Sus Zukri dalam rilisnya, Sabtu (29/1/2022).

Sebelumnya, Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) pada Rabu 16 Desember 2021 juga melakukan latihan mengalami hal sama hingga sebagian masyarakat Kabupaten Kampar terkejut. Pihak Lanud memastikan bukan ledakan bom, akan tetapi adalah suara sonic boom dari pesawat tempur F-16.

Suara ledakan tersebut merupakan suara dentuman sonic, atau sonic boom yang dikeluarkan oleh mesin pesawat tempur F16 dalam rangka FCF. Letkol Sus Zukri kembali menerangkan, adanya suara ledakan pada latihan sejak Kamis, 27 Januari 2022 kemarin yang didengar oleh sebagian masyarakat adalah suara sonic boom dari pesawat tempur F-16.

"Suara ledakan tersebut merupakan suara dentuman sonic, atau sonic boom yang dikeluarkan oleh mesin pesawat tempur F16 dalam rangka FCF."

Foto. Kapentak RSN

Pesawat F-16 lakukan uji mesin yang dihasilkan dari mesin pesawat saat terbang di atas kecepatan melebihi suara, ledakan yang terdengar bukan berasal dari darat, melainkan dari ketinggian 30 ribu kaki dengan radius 5-25 NM.

Menurut Wikipedia, Sonic boom adalah istilah bagi gelombang kejut di udara yang dapat ditangkap telinga manusia. Istilah itu pada umumnya digunakan untuk merujuk kepada kejutan yang disebabkan pesawat-pesawat supersonik. Ketika pesawat terbang melebihi kecepatan suara, gelombang kejut pada bagian tertentu pesawat akan muncul.

Adapun gelombang kejut nerupakan daerah di udara di mana terjadi perubahan (tekanan udara, temperatur, densitas) secara dadakan. Gelombang kejut tersebut merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak dan memecahkan kaca-kaca. Oleh sebab itu, pesawat supersonik biasanya tidak terbang di atas daerah berpenduduk.

Foto. Kapentak RSN

Uji terbang mesin pesawat pada ketinggian tersebut merupakan sesuai dengan standar, oleh karena itu dimohon kepada masyarakat Riau khususnya Kampar untuk mengetahui sebagai pengetahuan tentang sonic boom ini. (rilis)

Sumber: Kapentak RSN

Tags : suara dentuman, suara dentuman keras, dentuman, lanud pekanbaru, pekanbaru, riau, Pesawat Tempur F-16, Keluarkan Ledakan Sonic Boom,