Headline Csr   2023/11/19 21:44 WIB

PHR Terus Berbagi Inspirasi dan Berdayakan Masyarakat Riau dan Lingkungan jadi Dianugerahi PPM Award 2023

PHR Terus Berbagi Inspirasi dan Berdayakan Masyarakat Riau dan Lingkungan jadi Dianugerahi PPM Award 2023
Mewakili PHR, Pinto Budi Laksono, Manager Corporate Social Responsibility PHR menerima penghargaan Gold dan Silver dalam kategori Biodiversity Conservation & Economic Empowerment pada ajang ISRA Award 2023 (foto/ist)

PT PERTAMINA HULU ROKAN [PHR] terus berbagi inspirasi dan berdayakan masyarakat Riau dan lingkungan dianugerahi Program Pemberdayaan Masyarakat [PPM] Award SKK Migas Sumatera Bagian Utara [Sumbagut] 2023.

PT PHR WK Rokan menyelenggarakan program Pertamina Energi Negeri (PEN) 6.0 di Dumai, Duri dan Pekanbaru.

Dalam program tersebut, Perwira dan Pertiwi (sebutan untuk pekerja Pertamina) PHR meluangkan waktu untuk berpartisipasi, mengajar dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Sebagai wujud konkret keterlibatan pekerja dalam kegiatan sosial untuk kemajuan bangsa.

Program PEN 6.0 ini merupakan penyelenggaraan yang keenam, sebagai wujud komitmen Pertamina untuk menanamkan semangat transformasi dan budaya kesukarelaan (volunteering) para pekerja. Sekaligus dalam rangka HUT ke-66 Pertamina.

PHR ikut mendukung kegiatan PEN 6.0 di beberapa Sekolah Dasar di Riau, sekolah yang dikunjungi untuk area Dumai yakni SD Negeri 027 Bukit Batrem dan SD Negeri 019 Pangkalan Sesai. Sedangkan untuk area Duri adalah SD Negeri 017 Pematang Pudu, dan untuk area Pekanbaru yakni SD Negeri 008, SD Negeri 032 dan SD IT Al Birru.

Dalam pelaksanaan di Dumai tersebut, PHR WK Rokan berkolaborasi dengan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Dumai dan Subholding Commercial & Trading – Integrated Terminal Dumai. Kegiatan ini merupakan tata nilai AKHLAK yang ditularkan Perwira Pertamina dalam bersinergi memberikan inspirasi bagi masyarakat dan dunia pendidikan di sekitar wilayah operasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai, Yusmanidar S.Sos M.Si mengapresiasi kegiatan Pertamina Energi Negeri tersebut. Ia menjelaskan bahwa kegiatan PEN 6.0 seperti ini termasuk dalam kurikulum Sekolah Merdeka.

“Kita bersyukur bahwa kita telah mendapatkan kesempatan untuk bisa dikunjungi oleh Pertamina. Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan ke depannya,” katanya.

Kegiatan PEN 6.0 di Dumai dipenuhi dengan kegiatan belajar-mengajar di dalam dan di luar kelas. Para relawan Pertamina membagikan ilmunya melalui berbagai alat peraga maupun permainan agar ilmu yang dibagikan dapat dicerna dengan mudah oleh siswa sekolah dasar.

Program PEN mengusung tema NAWASENA yang memiliki arti “Masa Depan Yang Cerah” memiliki harapan menjadi cakrawala penghubung dan membangun mimpi melalui edukasi, motivasi dan memberikan inspirasi kepada anak-anak Indonesia untuk masa depan gemilang. Materi yang disampaikan tentang Pertamina dan AKHLAK, Hari Anak Nasional, dan Hari Pahlawan 2023.

Terpisah, Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto menyampaikan, bahwa selain berfokus pada operasi yang andal dan selamat untuk menopang energi nasional, PHR berkomitmen untuk menebar inspirasi dan kebermanfaatan yang luas bagi masyarakat.

"Kami menyadari bahwa pentingnya berkolaborasi dan berbagi inspirasi serta memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat, hal ini bertujuan untuk kemajuan pendidikan dan bangsa. Lewat PEN 6.0, Perwira Pertamina hadir langsung memberikan pengabdian, berbagi inspirasi dan pengetahuan," ungkapnya.

"Pertamina berharap agar keterlibatan para pekerja di lingkungan masyarakat sekitar dapat mendorong anak-anak selalu aktif, kreatif, inovatif, dan penuh semangat untuk menyongsong masa depan Indonesia yang maju," sebutnya.

Para Perwira Pertamina juga mengajarkan tata nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) bagi para siswa, karena tata nilai yang diamalkan BUMN tersebut memiliki manfaat yang luas untuk membangun karakter bangsa.

"Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang luas bagi siswa, guru dan tentunya dunia pendidikan. Harapan kami, anak-anak hebat ini dapat menjadi penerus bangsa yang unggul berlandaskan tata nilai AKHLAK," harapnya.

Di sisi lain, Pertamina Energi Negeri ini merupakan kegiatan sukarela yang diinisiasi secara murni oleh pekerja-pekerja muda Pertamina yang tergabung dalam Culture Change Agent.

Mereka yang terlibat dalam kegiatan meliputi relawan pengajar, dokumentasi dan fasilitator yang tidak hanya meluangkan waktu satu hari untuk berkegiatan sosial, namun juga secara mandiri menyiapkan rencana kegiatan mengajar, perlengkapan dan seluruh persiapan kegiatan tersebut.

PEN adalah salah satu Program Sosial yang diinisiasi Pertamina Peduli, ONE Pertamina dan Agent of Change Pertamina. Di bawah naungan Direktorat SDM dan Corporate Secretary yang berfokus untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada anak-anak di berbagai wilayah.

Secara serentak, PEN 6.0 kali ini diselenggarakan serentak di 40 kota yang meliputi 112 sekolah di seluruh Indonesia.

PHR WK Rokan jadi meraih apresiasi dan penghargaan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Award SKK Migas Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) 2023 yang diterima langsung Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PHR WK Rokan Pinto Budi Bowo Laksono, dalam acara Forum Tanggung Jawab Sosial (TJS) di Yogyakarta, Kamis (16/11).

Peran PHR terhadap masyarakat dan lingkungan tersebut didapuk sebagai yang terbaik. PHR menyabet 3 penghargaan sekaligus, yakni Penanggulangan Stunting, Konservasi Gajah-Agroforestri dan Pemberdayaan Ekonomi Suku Sakai, Bank Sampah dan beasiswa.

“Kami tentunya sangat bersyukur menerima penghargaan PPM Award 2023 ini, PHR WK Rokan telah mengimplementasikan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi. Capaian ini tentunya akan menjadi pemacu semangat untuk dapat memberikan kontribusi yang lebih baik bagi masyarakat di Provinsi Riau,” kata Pinto.

Selain berfokus pada operasi yang andal dan selamat, PHR WK Rokan menjalankan program TJSL yang menargetkan empat pilar, yakni pendidikan, ekonomi, lingkungan dan kesehatan.

“Sasaran penerima manfaat program TJSL PHR adalah masyarakat yang berdampingan dengan area operasi. Sehingga operasi migas dalam mendukung ketahanan energi berjalan lancar dan selaras dalam memberikan manfaat kepada masyarakat,” ujar Pinto.

PPM Award 2023 merupakan penghargaan SKK Migas Sumbagut atas kontribusi perusahaan Kontrak Kerja Sama (KKKS) dalam memberdayakan masyarakat dan lingkungan. Penghargaan tersebut diserahkan berbarengan dalam agenda Forum TJS yang bertema “Sinergi Membangun Negeri: Think, Corporate, Responsible dan Sustainable! Menuju Target Minyak dan Gas Bumi 1 Juta BOPD - 12 BSCFD 2030”.

Pada acara tersebut, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus mengatakan, bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap program-program sosial dan lingkungan yang dijalankan KKKS di area Sumbagut.

“Kami mengucapkan selamat kepada penerima Anugerah PPM ini, tentunya bertujuan untuk menjadi stimulasi dan pemicu semangat serta meningkatkan kontribusi agar dapat menjalankan program CSR yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi,” ungkapnya. (rls)

Tags : PT Pertamina Hulu Rokan, PHR Berbagi Inspirasi dan Berdayakan Masyarakat Riau, PHR jaga Lingkungan, PHR Dianugerahi PPM Award 2023, CSR PHR,