Pilkada   2024/05/24 10:28 WIB

Pilgub Riau 2024 Bakal Seru yang akan Diikuti Empat Pasang kandidat yang Siap Bertarung

Pilgub Riau 2024 Bakal Seru yang akan Diikuti Empat Pasang kandidat yang Siap Bertarung

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemilihan Gubernur atau Pilgub Riau bakal seru dengan banyaknya muncul kandidat yang siap bertarung dan terus melakukan konsolidasi politik, baik itu dengan sejumlah tokoh maupun dengan partai politik.

"Pilgub Riau 2024 bakal seru yang diikuti kandidat siap bertarung."

"Jadi semuanya masih dilakukan komunikasi politik, dan semua partai masih meraba-raba sebelum ada hasil survei yang bisa jadi patokan nantinya," kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Bappilu Golkar Riau, Ikhsan.

Ikhsan mengatakan, semuanya masih bisa terjadi karena peta politik di Riau masih dinamis dan masih bertolak ukur pada hasil survei.

Saat ini setidaknya sudah ada potensi tiga pasang yang mulai mengerucut di Pilkada Gubernur Riau.

Setelah sebelumnya pasangan Syamsuar - Mawardi bersama Golkar dan PKS, kemudian Muhammad Nasir - Muhammad Wardan Demokrat dengan Gerindra, ada juga muncul Abdul Wahid - Zukri PKB dan PDI Perjuangan.

Hanya saja itu belum resmi berkoalisi, semuanya masih bersifat dinamis, karena jika dilihat peta politiknya Pilkada Gubernur Riau bahkan bisa empat pasang nantinya.

Dengan catatan tidak ada koalisi partai-partai besar dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Riau.

Karena syarat mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada Gubernur Riau 10 persen dari suara di Parlemen, artinya hanya 13 kursi saja.

Saat ini tidak satupun partai politik di DPRD Riau yang bisa mengusung sendiri, semuanya harus berkoalisi dengan partai lain.

PDI Perjuangan sebagai partai dengan jumlah kursi terbanyak pun hanya 11 kursi dan masih kurang dua kursi lagi untuk syarat mengusung di Pilkada Gubernur.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Bappilu PDI P Syafaruddin Poti mengatakan juga pihaknya di daerah belum sampai pada tahap memutuskan siapa yang akan diusung, namun masih melihat dinamika politik dan keputusan DPP.

"Jadi memang di daerah kita berproses dalam penyeleksian Bacalon Gubernur dan Bacalon Wakil Gubernur, namun tetap nanti muaranya di DPP,"ujar Poti sapaan akrabnya, seperti yang dilansir dari tribunnews. (*)

Tags : pemilihan gubernur riau, pilgub riau 2024, pilkada serentak, kandidat siap bertarung,