Pilkada   2024/02/29 23:28 WIB

Pilgubri 2024 Bakal Ditanggung APBD Sebesar Rp31,5 Miliar, Kata Bawaslu Alnofrizal

Pilgubri 2024 Bakal Ditanggung APBD Sebesar Rp31,5 Miliar, Kata Bawaslu Alnofrizal
Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Alnofrizal

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Tahapan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 telah dimulai. Untuk Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) dibutuhkan dana sekitar Rp31,5 Miliar.

"Pilgubri 2024 bakal ditanggung APBD Riau."

"Beda kalau pemilu (Pilpres dan Pileg). Kalau pemilu itu seratus persen dari APBN. Makanya karena Pilkada itu dananya dari APBD, teman-teman di DPRD minta penjelasan kita dan bagaimana tahapannya," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau, Alnofrizal, usai rapat bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau dan Komisi I DPRD Riau, Rabu (28/2).

Anggaran yang ditanggung oleh APBD Riau, hanya untuk Pilgubri dan sudah tercantum dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Sementara untuk Pilkada kabupaten/kota ditanggung oleh masing-masing daerah. 

"Yang kita butuhkan itu untuk Pilkada Riau atau Pilgubri, Pemprov menganggarkan Rp31,5 miliar. Nanti untuk Pekanbaru menganggarkan lagi, untuk Pilwako, begitu juga yang lainnya," jelasnya.

Dari Rp31 miliar tersebut, Alnof menerangkan, sebesar 30 persen atau sekitar Rp12 miliar telah dicairkan ke rekening Pilkada pada tahun 2023 lalu.

"Sisanya di tahun ini. Yang 30 persen itu belum kita pakai serupiah pun karena memang tahapan Pilkadanya belum dimulai. Saat ini kita masih fokus menyelesaikan tahapan Pemilu, karena masih penghitungan suara 'kan," ujarnya. (*)

Tags : Pilgubri 2024, Pilgubri Ditanggung APBD, Anggaran Pilgubri Rp31, 5 Miliar, Bawaslu Alnofrizal,