Pilkada   2024/07/20 10:59 WIB

Pilkada Serentak 2024: Masyarakat Diingatkan Cek Kembali Hak Pilih dan Tidak Terprovokasi

Pilkada Serentak 2024: Masyarakat Diingatkan Cek Kembali Hak Pilih dan Tidak Terprovokasi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dalam rangka menyukseskan pilkada 2024, masyarakat diingatkan untuk cek kembali hak pilih dan  tidak mudah terprovokasi.

"Pilkada 2024 masyakarat dihimbau memastikan kembali hak pilihnya."

"Kami meminta masyakarat untuk memastikan kembali hak pilih mereka," kata Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, Senin (15/7).

Dikatakan Risnandar, meski sudah memiliki e-KTP, masyakarat tetap harus proaktif dalam hal mengecek data pemilih.

"Walaupun sudah memilki KTP kalau kemarin belum di coklit dan lain sebagainya harus juga proaktif karena ini bagian daripada kewajiban kita sebagai warga negara untuk hadir bersama," jelasnya.

Dirinya mengingatkan masyarakat jika terjadi permasalahan agar dapat dikomunikasikan.

"Kalau ada permasalahan agar dikomunikasikan dengan teman-teman penyelenggara. Jadi selain negara hadir kami minta masyarakat juga turut hadir agar bisa saling bersinergi," ungkapnya.

Risnandar juga mengajak masyarakat untuk memberikan contoh Pekanbaru adalah kota yang siap untuk menghadapi Pilkada dari Sumber Daya Manusia (SDM).

"Ayo kita berikan contoh Pekanbaru siap menghadapi Pilkada. Sehingga ketika kita melakukan pembahasan terkait dengan isu-isu calon kepala daerah itu kita membahas visi dan misi ke depan," tuturnya.

"Ayo gunakan hak pilih dalam rangka menggagas nilai-nilai yang tentunya sesuai dengan harapan dari sisi pembukaan UUD 1945 yaitu memajukan kesejahteraan bangsa" jelas Risnandar.

Dirinya optimis target pemilih di Kota Pekanbaru mencapai 100 persen. Terpenting untuk saling bekerja sama agar Pilwako Pekanbaru 2024 berjalan sukses.

Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa juga meminta masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi terhadap isu dan permasalahan yang ada. Terutama yang berkaitan dengan SARA.

"Tentunya saya mengharapkan kepada masyakarat untuk jangan percaya hoaks. Jangan mudah terprovokasi terhadap permasalahan sara dan lainnya," ujar Risnandar saat sosialisasi pendidikan politik bagi RT/RW dan LPM Kecamatan Marpoyan Damai dan Bukit Raya.

Risnandar Mahiwa menyebut Pekanbaru telah siap melaksanakan Pilkada 2024. Baik dari sisi pemerintah maupun dari sisi penyelenggara.

"Pertama yang harus saya sampaikan bahwa Pekanbaru siap melaksanakan Pilkada. Baik dari sisi pemerintah di Pekanbaru dan dari sisi penyelenggara kemudian dari sisi rekan-rekan di keamanan," jelasnya.

Dirinya juga mengungkapkan Pekanbaru mendapat apresiasi dari Menkopolhukam dan Mendagri atas kesiapan dalam penyelenggaraan pilkada.

"Ini sudah dirapatkan dan dipanggil langsung Menko Polhukam dan Mendagri di Medan, salah satunya Pekanbaru yang siap melaksanakan Pilkada dan itu di apresiasi," ungkapnya.

Selain itu Pj Walikota tersebut juga mengingatkan masyakarat untuk melihat terlebih dahulu visi dan misi dari masing-masing calon kepala daerah yang akan dipilih.

"Saya berharap masyakarat dapat melihat kembali visi misi kepala daerah yang akan mencalonkan itu untuk menjawab tantangan yang ada," tuturnya.

"Kita di Pekanbaru ada membuat posko pengaduan jadi kalau ada hal-hal yang memang ingin ditanyakan bisa langsung, seluruh camat ikut terlibat, Kesbangpol juga terlibat. Sehingga kita bisa meminimalisir terkait isu yang ada," tutupnya. (*)

Tags : Pilkada Serentak 2024, Cek Hak Pilih, Masyarakat Tidak Mudah Terprovokasi, Pilwako Pekanbaru,