Pekanbaru   2023/09/04 10:2 WIB

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun Minta RT/RW Carikan Lahan untuk TPS Sampah, 'untuk Tetap Jaga Kebersihan Lingkungan'

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun Minta RT/RW Carikan Lahan untuk TPS Sampah, 'untuk Tetap Jaga Kebersihan Lingkungan'
Pj Wako Muflihun bersama masyarakat di Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani 

PEKANBARU, RIAUPAGAI.COM - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, mengimbau warga agar menjaga lingkungan dari sampah dan minta RT/RW untuk mencarikan lahan buat tempat pembuangan sementara [TPS] sampah.

"Warga dihimbau tetap jaga kebersihan lingkungan."

"Bagaimana masalah sampah ini selesai, yang disalahkan pemerintah. Untuk penanganan sampah, padahal pemerintah menganggarkan. Hampir Rp60 miliar pemko menganggarkan untuk penanganan sampah di Pekanbaru," ujar Muflihun, dalam program Bang Uun Menyapa di Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani, Minggu (3/9).

Menurutnya, persoalan sampah di Pekanbaru masih menjadi masalah utama di Pekanbaru.

Apalagi, banyaknya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar atau ilegal yang ditemui di sejumlah ruas jalan. Sehingga, membuat wajah Kota Pekanbaru menjadi jelek dan kotor.

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun meminta masyarakat juga ikut berperan dalam penanganan sampah. Pasalnya, saat ini yang disalahkan soal sampah adalah Pemko Pekanbaru.

Menurutnya, masalah sampah itu harus diselesaikan bersama-sama. Karena saat ini masih banyak juga warga yang buang sampah sembarangan atau ke TPS ilegal.

"Tapi banyak yang buang sampah sembarangan. Lokasi A bersih, mereka pindah ke lokasi B, dijaga lokasi B mereka pindah ke lokasi C,"  sebutnya.

Pihaknya meminta warga ataupun RT/RW mencari lahan untuk TPS. "Kalau ada RT/RW cari lahannya, kita akan pakai itu untuk TPS sementara, tidak mungkin di sudut jalan kita menumpuk sampah," katanya.

"Bagaimana kita hari bisa menjaga kebersihan, ketika kota ini bersih tentu masih ada orang yang datang ke Pekanbaru, masih ada orang yang berkunjung ke Pekanbaru," tambahnya.

Pada program Bang Uun Menyapa di Kecamatan Tuah Madani itu, pihaknya juga memberikan 25 paket bantuan dari Baznas Kota Pekanbaru kepada 25 orang penerima. Bantuan itu diberikan secara simbolis oleh Muflihun bersama Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution.

Dalam kegiatan itu juga, turut dihadiri oleh Kepala Disdik Abdul Jamal, Kepala Diskop dan UKM Sarbaini, Kepala Dinas Perkim Mardiansyah, Kepala DLHK Hendra Afriadi, Plt Kepala Dinas PUPR Edwart Riansyah, Camat Tuah Madani Nurhasminsyah. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Pj Walikota Pekanbaru Muflihun Minta RT/RW Carikan Lahan untuk TPS Sampah,