News Kota   2023/06/27 22:24 WIB

PPDB Tingkat SMP Dimulai, Dewan Minta Disdik Pekanbaru Maksimalkan Layanan

PPDB Tingkat SMP Dimulai, Dewan Minta Disdik Pekanbaru Maksimalkan Layanan
Ketua DPRD Pekanbaru, Muhammad Sabarudi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMPN di Kota Pekanbaru sudah dimulai sejak Senin 26 Juni 2023 yang lalu.

"Disdik Pekanbaru diminta maksimalkan layanan."

"Pemko Pekanbaru melalui Disdik untuk memaksimalkan layanan pendidikan. Persoalan masalah jumlah SMPN yang kurang atau sistem zonasi yang diperdebatkan dimana-mana harus segera dicarikan solusinya," kata Ketua DPRD Pekanbaru, Muhammad Sabarudi, Selasa (27/6).

PPDB setiap tahunnya kerap menimbulkan keluhan terutama dengan penerapan sistem zonasi dan penerapan sistem online.

Untuk meminimalisir berbagai keluhan dari para wali murid, Disdik Pekanbaru diminta memaksimalkan layanan terutama terkait jaringan internet dan segala macamnya.

Dalam waktu dekat tambah politisi PKS ini, di Kota Pekanbaru akan segera dibangun dua unit SMPN baru.

"Saya rasa itu menjadi solusi untuk PPDB, khususnya masalah zonasi," jelasnya.

Menurutnya isu jual beli bangku sekolah yang terjadi disetiap penerimaan siswa baru harus segera diredam dengan cara seluruh masyarakat harus sadar dengan rasa ingin mengembalikan fungsi pendidikan dengan baik.

"Kalau umpamanya anak didik sudah diajari dari awal dengan cara membayar, ini salah satu bagian dari pengajaran kepada mereka tentang praktek korupsi. Ini harus hati-hati, baik dari sekolah dan orangtua untuk menjalankan roda pendidikan dengan baik," sebutnya.

Beberapa pihak menyebutkan PPDB perlu didampingi Satgas yang melibatkan aparat penegak hukum untuk mengantisipasi adanya jual beli bangku sekolah.

Sabarudi menyetujui gagasan tersebut dan hal itu sah-sah saja dilakukan untuk kelancaran dan keberlangsungan PPDB.

"Selagi kebijakannya strategis dan bermanfaat itu sah-sah saja karena kita semua harus bekerjasama untuk membangun kota pekanbaru, salah satunya dengan penguatan antar lintas dan termasuk Forkopimda. Sehingga tindakan yang meresahkan masyarakat bisa diminimalisir," tutupnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : penerimaan peserta didik baru, ppdb online, ppdb tingkat smp, dewan minta disdik maksimalkan layanan ppdb, news kota,