Headline Riau   2022/03/30 12:18 WIB

PPKM Level 3 Diperpanjang Hingga Ramadhan, 'karena Sudah ada yang Jadi Korban'

PPKM Level 3 Diperpanjang Hingga Ramadhan, 'karena Sudah ada yang Jadi Korban'

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 diperpanjang hingga Ramadhan 1443 Hijriyah.

PEKANBARU - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 diperpanjang hingga Ramadhan 1443 Hijriyah, karena laporan dari Dinas Kesehatan (Diskes) Riau sudah ada yang jadi korban keganasan Covid-19.

"Pengawasan protokol kesehatan (prokes) bakal diterapkan sesuai aturan hingga Ramadhan ini."

"Karena bulan puasa, bulan Ramadan kita akan menyesuaikan pola apa yang kita lakukan dalam pengawasan," kata Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Parlindungan Simatupang, Selasa (29/3/2022).

Menurutnya, selama Ramadan untuk kegiatan masyarakat akan meningkat.

"Seperti adanya pasar Ramadan dan kegiatan lainnya, itu juga dapat mengundang orang banyak," kata dia memperkirakan.

Untuk itu pihaknya akan melakukan pengawasan prokes sesuai tupoksi. Untuk selama Ramadan pihaknya melakukan pengawasan menyesuaikan kondisi. 

Koordinasi dengan stakeholder terkait untuk melakukan sosialisasi dalam rangka bulan puasa dan juga dalam kondisi penerapan PPKM level 3 tetap dilakukan.

"Kita berkoordinasi dengan para stakeholder terkait untuk menyosialisasikan. Walaupun kita dalam rangka bulan puasa, namun kita juga sedang melaksanakan PPKM level 3," ulasnya.

Ketentuan sebagaimana dalam PPKM level 3 harus tetap dijalankan. "Tapi bukan berarti kita harus kaku ya, karena dalam Ramadan kita juga melihat situasi dan kondisi," sebutnya.

Sementara laporan dari Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, sudah 4 nyawa melayang terkait Kasus Covid-19 Riau yang terus bertambah menjadi 53 orang

"Update data Covid-19 Provinsi Riau 29 Maret 2022 Pukul 16.00 WIB terdapat 53 penambahan kasus konfirmasi, 127 orang pasien dinyatakan sembuh dan 4 orang yang meninggal dunia," kata Zainal Arifin, melalui Kepala Seksi (Kasi) Promosi Kesehatan (Promkes) dan Pemberdayaan Masyarakat, Rozita menginformasikan penambahan kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau per hari ini, Selasa 29 Maret 2022 kemarin.

Total kumulatif kasus konfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau hingga saat ini berjumlah 150.022 orang. "(Dari total kumulatif) 711 orang isolasi mandiri, 96 orang isolasi di rumah sakit, 144.820 orang sembuh, dan 4.395 orang meninggal dunia," ujarnya.

Adapun penambahan kasus konfirmasi hari ini berasal dari Kabupaten Bengkalis 5 orang, Kampar 5 orang, Kepulauan Meranti 1 orang, Kota Pekanbaru 23 orang, Kabupaten Kuantan Singingi 3 orang, Pelalawan 2 orang, Rokan Hilir 1 orang, Rokan Hulu 1 orang, Siak 5 orang dan warga dari provinsi lain yang terkonfirmasi di Riau 7 orang. (*)

Editor: Syamsul Bachri

Tags : Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, PPKM Level 3, PPKM di Pekanbaru, Riau, PPKM di Bulan Ramadhan,