Artikel   2022/07/02 19:22 WIB

Prof Dr Sri Indarti MSi Calon Kuat Rektor Unri, 'Mengalahkan Saingannya Meraih 24 Suara'

Prof Dr Sri Indarti MSi Calon Kuat Rektor Unri, 'Mengalahkan Saingannya Meraih 24 Suara'
Prof Dr Sri Indarti SE MSi

CALON kuat Rektor Universitas Riau (Unri), Prof Dr Sri Indarti SE MSi kini meraih suara terbanyak dari pesaing calon lain dalam suksesi pemilihan rektor kali ini ada seperti Prof Dr Iwantono MPhil (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang juga dosen FMIPA) dan Dr Ir Deni Efizon MSc (dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan/FPK).

Prof Sri Indarti, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis menjadi calon yang digadang-gadang jadi Rektor Unri periode 2022-2026.

Prof Sri Indarti lolos ke tiga besar, dan meraih perolehan suara terbanyak. Prof Sri meraih 24 suara dari 52 suara Senat Universitas Riau.

Saingan Prof Sri yaitu Prof Dr Iwantono MPhil (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang juga dosen FMIPA) meraup 14 voting suara. Juga ada Dr Ir Deni Efizon MSc (dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan/FPK) 11 suara.

Panitia pemilihan rektor mengatakan nama ketiganya bakal dikirim ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek).

“Kalau tak ada aral melintang, tanggal 27 Juli mendatang, akan dilakukan pemilihan rektor oleh Senat Universitas. Dalam pemilihan tersebut akan hadir utusan menteri,” sebut seorang panitia.

Di publik banyak yang menjagokan Prof Sri Indarti sebab selisih suara yang cukup jauh dari kandidat lainnya. Lalu ada beberapa suara yang diyakini bakal beralih ke Dekan FEB Unri.

Jika benar nanti Prof Sri Indarti terpilih, maka menjadi sejarah sebagai rektor wanita pertama di Unri. Ini menambah sejumlah universitas yang juga dipimpin rektor wanita. Seperti Rektor ITB, Prof Reini Djuhraeni; Rektor Unpad, Prof Rina, Rektor UIN Jakarta, Prof Dr Amany Burhanudin Umar Lubis, dan lainnya.

Dilansir dari berazam.com, pada pemilihan Rektor Unri 27 Juli bakal melibatkan Mendikbud Ristek. Menariknya Menteri memiliki 35 persen dari total 52 suara senat.

Tapi sebelum pemilihan, kementerian akan lakukan screening, pendalaman rekam jejak, wawasan, serta wawancara.

Selama ini, kecil peluang ada calon mendapatkan suara Mendikbud Ristek 100 persen. Biasanya kalau ada calon yang unggul telak, Menteri bakal membagi suara miliknya sama rata untuk ketiga calon.

Jadi bisa saja malah menguatkan peraih suara terbanyak. Namun siapa yang bakal menjadi Rektor Unri selanjutnya masih menunggu 27 Juli atau tanggal lain yang ditetapkan pihak kementerian. (*)

Tags : Prof Dr Sri Indarti MSi, Calon Kuat Rektor Unri, Prof Sri Indarti Mengalahkan Saingannya, Prof Sri Indarti Meraih 24 Suara, Artikel,