Politik   2024/02/20 23:27 WIB

Proses Rekapitulasi di Pemilu 2024 Terus Bergulir, Legislatif: Masyarakat Kawal Penghitungan Suara Sampai Akhir

Proses Rekapitulasi di Pemilu 2024 Terus Bergulir, Legislatif: Masyarakat Kawal Penghitungan Suara Sampai Akhir
Masyarakat kawal penghitungan suara di Pemilu 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri mengajak masyarakat untuk sama-sama mengawal jalannya proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 pasca hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

"Proses rekapitulasi penghitungan suara di Pemilu 2024 akan berakhir."

"Satu tahapan penting dalam pesta demokrasi yakni pemungutan suara sudah kita lakukan. Untuk tahapan selanjutnya dan saat ini sedang berjalan yakni penghitungan suara," kata Tengku Azwendi Fajri di depan media, Selasa (20/2).

"Mari kita kawal penghitungan suara agar berjalan dengan baik, transparan dan bisa dipertanggungjawabkan hingga tahapan penetapan secara resmi oleh KPU," sambungnya.

Walaupun saat ini sudah banyak nama-nama yang berseliweran hasil penghitungan cepat atau quick count, Azwendi meminta masyarakat untuk bersabar sambil menunggu keputusan penghitungan suara yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Politisi Demokrat ini juga mengajak masyarakat untuk sama-sama menghormati jalannya tahapan pemilu 2024 hingga nanti masuk pada tahapan penetapan dan pelantikan.

"Tahapan pemilu saat ini terus berjalan, untuk itu mari kita sama-sama hormati dan menjaga agar jalanya pesta demokrasi 2024 tetap berjalan dengan baik, lancar dan kondusif hingga penetapan dan pelantikan. Bagi calon yang terpilih nantinya tentunya harapan kita tidak terlalu eforia begitu juga dengan yang tidak terpilih harapan kita tentu bisa legowo," ujarnya.

Azwendi juga meminta kepada pendukung atau relawan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwasanya apapun yang menjadi hasil atau keputusan dari KPU, bisa diterima oleh masyarakat dan jangan sampai terpecah belah.

"Terima kasih kepada masyarakat sudah antusias menggunakan hak pilihnya. Apapun keputusannya nanti kita hormati. Karena prosesnya masih panjang, yakni penetapan sekitar bulan maret dan pelantikan pada September mendatang," ujar Azwendi lagi.

Terakhir Azwendi juga mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara pemilu 2024 yang hingga saat ini masih berjibaku mensukseskan jalannya pemilu. Disamping itu, upaya meminimalisir adanya dampak pasca-Pemilu juga dinilai sangat penting.

"KPU harus mengantisipasi dampak pasca pemilu bagi tim yang sejak awal sudah bekerja ekstra dilapangan yakni dengan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi tim atau petugas KPPS," pungkas Azwendi. (*)

Tags : pemilu 2024, proses rekapitulasi pemilu 2024, masyarakat kawal penghitungan suara,