Nusantara   2023/10/25 20:56 WIB

Proyek Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Padang Pekanbaru Terus Tunjukkan Kemajuan Progresnya

Proyek Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Padang Pekanbaru Terus Tunjukkan Kemajuan Progresnya

PADANG - Proyek pembangunan infrastruktur Jalan Tol Padang Pekanbaru terus menunjukkan progresnya. Jalan Tol Padang Pekanbaru yang memiliki panjang lintasan 254 km tersebut dikabarkan akan menyelesaikan salah satu seksi jalan tolnya di akhir tahun 2023.

Jalan Tol Padang Pekanbaru memiliki enam seksi yang terbagi dalam dua wilayah pembangunan, yaitu Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Sumatera Barat bertanggung jawab terhadap pembangunan empat seksi jalan tol dan Riau mengerjakan dua sisanya.

Sementara itu, salah satu seksi yang disebutkan akan tuntas pembangunannya di akhir tahun 2023 adalah Jalan Tol Bangkinang Pangkalan.

Namun, penting untuk dipahami oleh para pembaca jika pembangunan Jalan Tol Bangkinang Pangkalan tersebut juga dibagi menjadi dua wilayah pembangunan.

Hal tersebut dikarenakan Jalan Tol Bangkinang Pangkalan berdiri di perbatasan antara dua provinsi yakni riau dan Sumatera Barat.

Jalan Tol Bangkinang Pangkalan sendiri memiliki panjang total 56 km dan menjadi seksi ke-5 dari Jalan Tol Padang Pekanbaru.

Jalan Tol Bangkinang Pangkalan itu sendiri yang berhasil diselesaikan pembangunannya hanya pada wilayah pembangunan Riau sejauh 24 km.

Tepatnya, Jalan Tol Bangkinang Pangkalan seksi Bangkinang-Koto Kampar yang terletak di Desa Tanjung Alai, Koto Kampar, Riau.

Adapun 32 km sisanya akan dikerjakan oleh Pemerintah Sumatera Barat yang hingga saat ini juga masih belum diketahui waktu dimulainya proses konstruksinya.

Jalan Tol Bangkinang Pangkalan seksi Bangkinang-Koto Kampar tersebut progres konstruksinya telah mencapai 90 persen.

Sementara Jalan Tol Bangkinang Pangkalan seksi Bangkinang-Koto Kampar ini juga ditargetkan tuntas pada akhir tahun 2023.

Jika melihat progres pembangunan Jalan Tol Bangkinang Pangkalan seksi Bangkinang-Koto Kampar yang sedikit lagi rampung, maka Provinsi Riau pun patut berbagga.

Pembangunan jalan tol sirip JTTS Jalan Tol Padang Pekanbaru pun berhasil diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi Riau di akhir tahun 2023.

Dua seksi jalan tol yang berada di wilayah pembangunan bumi lancang kuning, yaitu seksi Pekanbaru-Bangkinang dan Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang-Koto Kampar dibangun dengan sukses.

Seksi Pekanbaru-Bangkinang telah beroperasi sejak tahun 2022 dan sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di awal tahun 2023.

Semntara, Jalan Tol Bangkinang Pangkalan seksi Bangkinang-Koto Kampar dijadwalkan tuntas pembangunannya di akhir tahun 2023.

Jalan Tol Padang Pekanbaru untuk wilayah pembangunan Riau pun menuju detik-detik akhir selesainya proses tahapan konstruksi.

Jalan Tol Padang Pekanbaru kini menunggu penyelesaian di wilayah Sumatera Barat yang juga belum diketahui kepastiannya.

Pasalnya, saat ini Sumatera Barat tengah fokus menuntaskan proyek Jalan Tol Padang Pekanbaru seksi satu Padang-Sicincin yang ditargetkan rampung sebelum lebaran 2024.

Kalaupun proyek Jalan tol Padang Sicincin telah selesai dikerjakan, Sumatera Barat masih memiliki pekerjaan rumah yang banyak.

Sumatera Barat perlu menuntaskan tiga proyek jalan tol yang tersisa dari ruas Jalan Tol Padang Pekanbaru apabila menginginkan kedua provinsi terkoneksi melalui akses jalan tol.

Diharapkan, Sumatera Barat dan pihak pengembang Jalan Tol PAdang Pekanbaru yaitu PT Hutama Karya dapat segera merampungkan pembangunan jalan tol di ranah Minang.

Jalan tol sirip dari mega proyek Jalan Trans Sumatera ini juga menjadi salah satu jalan tol penting pada rangkaian JTTS.

Jalan Tol Padang Pekanbaru ini turut terhitung sebagai salah satu proyek jalan tol termahal pada rangkaian mega proyek Jalan Trans Sumatera sepanjang 2,765 km. (*)

Tags : Jalan Tol Trans Sumatera, akhir tahun 2023, Sumatera Barat, Jalan Tol Bangkinang Pangkalan, Jalan Tol Padang Pekanbaru, Riau,