Headline Riau   2022/12/08 13:58 WIB

PT BSP Eksplorasi Dua Sumur Migas di Nuri-1X, 'Berhasil dengan Tempo Sesingkat-singkatnya'

PT BSP Eksplorasi Dua Sumur Migas di Nuri-1X, 'Berhasil dengan Tempo Sesingkat-singkatnya'
Ilustrasi eksplorasi sumur migas

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - PT Bumi Siak Pusako (BSP) mengebor dua sumur eksplorasi minyak dan gas (Migas) di Nuri-1X dengan waktu pengerjaan yang rampung dalam 56 hari.

"Taerget pengeboran dilakukan PT Bumi Siak Pusako dalam mengolah sumur eksplorasi migas dengan tempo sesingkat singkatnya."

"Awalnya PT Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu Energi menargetkan mengebor dua sumur eksplorasi migas tahun ini di wilayah operasinya di Riau, tetapi selesai dalam 56 hari," kata Deputi Operasi SKK Migas, Julius Wiratno kemarin, Senin (6/6).

Sebelumnya, kemarin itu SKK Migas telah memantau pelaksanaan tajak sumur eksplorasi migas Nuri-1X yang dioperasikan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Badan Operasi Bersama (BOB) PT. Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu Energi.

"Sumur Eksplorasi Nuri-1x berhasil tajak pada Minggu malam pukul 23:30 WIB. Sumur Eksplorasi Nuri-1X berada di Kabupaten Kampar, Kecamatan Tapung Hilir yang merupakan sumur eksplorasi kedua di Provinsi Riau," ungkapnya.

Pengeboran Sumur Eksplorasi Nuri-1X menggunakan Rig milik TMMJ berkapasitas 1000HP, dalam waktu 56 hari selesai, dengan target kedalaman sumur 8.800 kaki, pengeboran Sumur Nuri-1X akan menembus Formasi Petani, Telisa, Bekasap dan Pematang, untuk mencari cadangan migas baru.

Julius Wiratno, mengatakan bahwa ini adalah bukti nyata dari pelaksanaan program pengeboran sumur eksplorasi PT BSP-Pertamina Hulu yang tertuang di dalam work, program & budget (WPnB) di tahun 2022 dimana ditetapkan sebanyak dua sumur eksplorasi. Advertise.

Setelah pelaksanaan pengeboran sumur eksplorasi yang pertama, SKK Migas sudah melakukan koordinasi dengan BOB BSP-PH untuk mempersiapkan pelaksanaan pengeboran sumur eksplorasi yang kedua.

“Kami optimis, BOB BSP-Pertamina Hulu dapat merealisaikan program pengeboran sumur eksplorasi 2022. Terlebih saat ini sudah tidak ada hambatan mobilitas pekerja dan peralatan sebagai dampak positif dari telah terkendalinya wabah Covid-19, ataupun kendala karena faktor cuaca, karena sudah memasuki musim kemarau”, kata Juius dalam keterangan persnya.

Julius menambahkan masih perlu dilakukan upaya agresif dan masif untuk menemukan cadangan migas yang baru demi keberlanjutan industri hulu migas nasional.

Tahun ini jumlah program pengeboran sumur eksplorasi mencapai 42 sumur, atau lebih banyak dibandingkan realisasi pengeboran sumur eksplorasi tahun 2021 yang berjumlah 28 sumur.

Masifnya pengeboran diharapkan dapat mendorong peningkatan cadangan minyak dan gas bumi untuk mencapai target produksi jangka panjang 1 juta barrel minyak perhari (BOPD) dan 12 miliar kaki kubik gas per hari (BSCFD) pada tahun 2030.

“Kami berharap di tahun ini bisa mempertahankan success ratio pengeboran sumur eksplorasi tahun lalu yang mencapai 55%. Jumlah pengeboran sumur eksplorasi yang jauh lebih besar serta success ratio yang tinggi maka diharapkan temuan cadangan migas di tahun 2022 akan lebih baik”, sebut Julius.

Sebelumnya PT BSP menyatakan siap menggenjot target produksi minyak dari Blok Coastal Plains and Pekanbaru (CPP) hingga 50.000 barel per hari (bph).

Direktur Utama PT BSP, Iskandar, mengatakan terdapat sejumlah skema yang dipersiapkan perusahaan dalam menggenjot produksi Blok CPP pasca alih kelola pada 9 Agustus 2022 kemarin.

Hal ini tertuang dalam proposal perpanjangan yang diajukan ke pemerintah. Setidaknya terdapat dua skema dalam menggenjot target produksi minyak di Blok CPP, yakni skema high case dan low case.

"Jika eksplorasi-eksplorasi kami berhasil, dengan high case bisa hampir 50.000 barel (per hari). Sedangkan dengan eksplorasi low case lebih dari 20.000 barel," ujarnya beberapa waktu lalu.

Pada tahun ini BSP akan melanjutkan kegiatan pengeboran 15 sumur pengembangan dan 1 sumur eksplorasi. Adapun sejak 2020 hingga saat ini perusahaan telah melakukan exclusive operation bersama PHE.

"Jadi pembiayaan untuk pengeboran sumur-sumur eksplorasi dan eksploitasi ditanggung sendiri oleh BSP dan alhamdulillah berjalan dengan lancar," katanya. (*)

Tags : Migas, Eksplorasi Migas, Blok Migas, SKK Migas, Update Me, PT Bumi Siak Pusako, Riau, BSP Eksplorasi Dua Sumur Migas di Nuri-1X,