Csr   2021/02/23 15:45 WIB

PT Eka Dura Indonesia Paling Aktif Salurkan Program CSR-nya

PT Eka Dura Indonesia Paling Aktif Salurkan Program CSR-nya
PT EDI menyalurkan program Corporate Social Responsibility [CSR] ke masyarakat.

CSR di PT EDI Rohul, Mulai Beri Insentif Guru hingga Putus Penyebaran Covid 19

PASIRP PANGARAIAN - PT Eka Dura Indonesia [EDI] di Kabuapten Rokan Hulu [Rohul], Riau paling aktif menyalurkan program Corporate Social Responsibility [CSR] atau pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai sarana tepat memberdayakan masyarakat.

Administratur [ADM] PT EDI, Sumarno mengakui, salah satu anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk yang bergerak di perkebunan kelapa sawit itu sudah melaksanakan program CSR seperti di bidang pendidikan. "Kita tetap konsisten bagikan beasiswa bagi siswa kurang mampu berprestasi setiap tahun.TJSP atau CSR merupakan komitmen perusahaan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar perusahaan. Dengan CSR, target Sustainable Development Goal’s (SDG’s) dapat tercapai baik, sesuai harapan," kata dia melalui relisnya.

PT EDI sudah mengimplentasikan program TJSP nya dan berperan aktif dalam kegiatan pembangunan Kabupaten Rohul terutama desa ring satu, atau desa yang ada di sekitar perusahaan. PT EDI juga terus memperhatikan insentif guru sekolah di ring satu, dengan cara memberikan bantuan sarana dan prasaran olahraga, pembangunan fisik sekolah, dan peningkatan kompetensi guru. PT EDI juga memberikan perhatian terhadap peningkatan kesehatan di desa ring satu, seperti pemberian makanan tambahan untuk Posyandu Desa, Pelatihan Kader Posyandu. "Juga ada sunatan massal dan bhakti sosial donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Rohul," kata Sumarno menambahkan.

Disebutkan, PT EDI kerap melakukan perbaikan jalan, pencucian sungai, penanaman pohon pelindung di sepadan sungai, budidaya tanaman buah langka, semenisasi parit desa, dan memberikan support ke sekolah untuk konsisten menjalankan Program Lingkungan Adiwiyata merupakan program CSR di bidang lingkungan. Di bidang ekonomi, PT EDI selalu aktif membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di desa sekitar, seperti pemberian cangkang untuk rebusan air isi ulang, bantuan budidaya ikan, dan program Income Generating Activity (IGA) sawit dan non sawit, serta pembuatan kebun plasma pola KKPA. "Selain laksanakan program CSR rutin setiap tahun, PT EDI juga berperan bantu pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19," sebut Sumarno.

Upaya PT EDI dengan memutus penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan di tempat fasilitas umum, bagikan masker, dan menyediakan tempat cuci tangan di desa yang ada di sekitar perkebunan. Camat Kunto Darussalam, Ruslan, mengakui, untuk implementasi penyaluran program yang sudah diterapkan PT EDI seharusnya diikuti perusahaan lain di Kabupaten Rohul, termasuk perusahaan yang ada di daerah kecamatannya. "Perusahaan lain harus banyak belajar dan meneladani apa yang sudah dilakukan PT Ekadura Indonesia," ucap Ruslan menambahkan semua desa di lingkungan PT EDI selalu mendapat sentuhan program CSR yang digulirkan.

Ruslan berharap, kerjasama antara PT EDI dengan masyarakat sekitar perusahaan dan pemerintah tetap terjaga baik. "Ke depannya hubungan silaturrahmi ini dapat dibangun lebih erat lagi," harapnya.

Ruslan mengaku dari banyak perusahaan perkebunan sawit yang ada di Kecamatan Kunto Darussalam, paling maksimal dalam menyalurkan TJSP melalui program CSR baru PT EDI. "Kita minta ke perusahaan lain di Kunto Darussalam juga hendaknya dapat mencontoh PT EDI dalam melaksanakan TJSP lewat program CSR-nya," harap Ruslan. (rilis)

Tags : PT Eka Dura Indonesia, Aktif Salurkan Program CSR, Corporate Social Responsibility,