Csr   2020/10/17 18:50 WIB

PT Tunggal Yunus Estate Bantu APD pada Tenaga Kesehatan

PT Tunggal Yunus Estate Bantu APD pada Tenaga Kesehatan
PT Tunggal Yunus Estate Bantu APD pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Tapung

PT TUNGGAL YUNUS ESTATE [Group Asian Agri] salurkan bantuan Alat Pelindung Diri [APD] ke Puskesmas yang melayani kesehatan masyarakat di Kecamatan Tapung, Puskesmas Perawatan Tapung.

Puskesmas ini setiap harinya melayani kisaran 60 orang pasien sehingga kebutuhan akan APD bisa cukup untuk dapat melindungi paramedis dari terpapar Covid-19 ketika memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. Tasliati SKM, Kepala Puskesmas Perawatan Tapung, di kecamatan mengaku sudah pernah ada yang terpapar Covid-19. “Dalam menjalankan pelayanan kesehatan, tentunya dilakukan dengan protokol kesehatan. Sehingga kami membutuhkan kurang lebih 80 masker per hari, selain tenaga medis sejumlah 60 orang, terkadang ada juga pasien yang datang tidak memakai masker,  kemudian kita sediakan untuk dipakai. Kebutuhan akan masker cukup besar di puskesmas kami, akibatnya persediaan kami semakin menipis dan susah di dapat. Alhamdulillah, hari ini kami mendapat bantuan masker, bahkan bukan hanya masker, tetapi kami juga mendapatkan bantuan APD, ada sarung tangan, ada mantel pelindung dll. Kami merasa sangat terbantu, semoga ini sebagai amal  kebaikan Asian Agri beserta staf-staf nya. Semoga PT Tunggal Yunus Estate semakin maju dan berkembang,” kata Tasliati memaparkan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar,  dr. Nurzami, M,Kes yang turut hadir pada saat penyerahan bantuan tersebut, juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan Asian Agri. “Kami sangat mengapresiasi semua yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam peran sertanya untuk pencegahan penyebaran covid-19 di Kampar, khususnya di Kecamatan Tapung ini. Saya saksikan sendiri, lagi-lagi perusahaan memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) lengkap untuk Puskesmas Tapung.  Saya terharu, ternyata kami tidak berjuang sendirian, ternyata ada bala bantuan. Yang lebih hebat lagi adalah motto bela tenaga kesehatan, bela Indonesia, ini menjadi bukti bahwa perusahaan sangat mempedulikan kami, bahkan tadi Pak Welly menyebut kami adalah pahlawan kesehatan, tetapi justru yang harus dikawal dan dijaga kesehatannya. Saya mewakili masyarakat dan tenaga kesehatan Kabupaten Kampar mengucapkan ribuan terima kasih kepada PT Tunggal Yunus Estate. Semoga PT Tunggal Yunus Estate semakin maju, berkembang dan sukses,” ujar Nurzami.

Pada kesempatan tersebut, beliau juga menghimbau warga agar tidak sepele memandang Covid-19. “Tantangan terbesar kami adalah kesadaran dan kejujuran masyarakat.  Banyak warga sepele memandang covid ini, banyak yang tidak pakai masker, banyak yang tidak mengikuti protokol kesehatan dengan berbagai alasan. Boleh bekerja, karena faktor ekonomi, tapi ya harus pakai masker dan lainnya.  Bahkan ada diantara warga yang tidak jujur, ketika pulang dari luar daerah tidak mau terus terang dan baru mengeluh kemudian berobat ketika sudah menunjukkan gejala. Padahal sebelumnya sudah bermain, bersilaturahmi ke mana-mana. Harapan kami, dalam beraktifitas sehari-hari tetaplah bermasker, lakukan lah protokol kesehatan,” sebutnya.

Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Manager Kebun Topaz, Rahardian Yudha, didampingi oleh Head of Sustainability Operations & CSR  Asian Agri, Welly Pardede pada 13 Oktober 2020 di Puskesmas Perawatan Tapung, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Pada kesempatan tersebut, Rahardian menyampaikan keprihatinan perusahaan atas pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa Indonesia bahkan dunia. Oleh karena itu, melalui  beragam program CSR, perusahaan turut berupaya untuk memutus mata rantai penyerbaran Covid-19. Salah satunya adalah memberikan bantuan APD kepada paramedis.

“Kami prihatin atas pandemi Covid-19 yang saat ini melanda bangsa kita. Beragam program CSR sudah kami jalankan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan desa seputar perusahaan. Kami juga menyadari bahwa selain masyarakat, paramedis  juga membutuhkan perlindungan ketika menjalankan pelayanan kesehatannya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami memberikan bantuan APD berupa masker medis 3.000 pcs, mantel pelindung 20 pcs, kacamata 4 pcs, thermo gun 2 pcs dan sarung tangan 10.000 pcs. Kiranya apa yang kami berikan dapat bermanfaat,” ujar Rahardian di dampingi Head Head of Sustainability Operations & CSR  Asian Agri, Welly Pardede.

Welly juga menambahkan bahwa bantuan APD ini bukan hanya diberikan kepada Puskesmas Perawatan Tapung saja. “Pemberian bantuan APD kepada paramedic di Puskesmas bukanlah kali pertama kami lakukan. Bantuan ini sudah dilaksanakan di 5 Puskesmas dari 8 Puskesmas di septuran operasional perusahaan yang direncanakan akan diberikan. Hal ini sebagai komitmen dari perusahaan untuk tetap berkontribusi dan mendukung program program pemerintah, khususnya di bidang kesehatan.  Kami juga menyadari bahwa paramedis sangat membutuhkan APD karena merekalah yang langsung melayani pasien dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. Maka dengan motto ‘Bela Tenaga Kesehatan, Bela Indonesia’, kami berharap APD ini dapat bermanfaat, dan dan semakin meningkatkan semangat para tenaga kesehatan dalam pengabdiannya. Selain itu, kami juga  berdoa kiranya  semoga kita semua, terkhusus warga Kecamatan  Tapung, terbebas dari virus yang mematikan ini,” ujarnya Welly.

Kasi Pemerintahan Kec Tapung, Daniel Eriyazid, S Sos juga mengapresiasi kepedulian perusahaan terkhusus untuk melindungi paramedis. “Kami dari pemerintahan Kecamatan Tapung, mewakili seluruh masyarakat mengucapkan terima kasih kepada PT Tunggal Yunus Esatate atas bantuan APD yang diberikan ke Puskesma Tapung,” ujar Daniel.
 
Adapun acara ini dihadiri oleh  Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Kampar, dr. Nurzami, M.Kes; Kepala Puskesmas Perawatan Tapung, ibu  Tasliati, SKM beserta staff, Kasi Pemerintahan Kec Tapung, Daniel Eriyazid, S.Sos, beserta staff, Manager Kebun Topaz,H, Rahardian Yudha beserta humas, M Sofyan.(rilis)

Tags : PT Tunggal Yunus Estate, Group Asian Agri, Alat Pelindung Diri, APD Tenaga Kesehatan,