News Kota   2024/03/18 14:19 WIB

PUPR Mulai Geser Jadwal Overlay Jalan Rusak Dipertengahan Ramadan, Tapi Direspon Positif Anggota Dewan

PUPR Mulai Geser Jadwal Overlay Jalan Rusak Dipertengahan Ramadan, Tapi Direspon Positif Anggota Dewan
Kadis PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota [Pemko] Pekanbaru memulai proses overlay jalan rusak di pertengahan bulan suci Ramahan 1445 H.

"Proses overlay jalan rusak dimuai pertengahan Ramadan."

"Anggaran overlay untuk jalan taman karya sebesar Rp4,5 miliar, sementara jalan purwodadi memiliki anggaran overlay sebesar Rp4 miliar," kata Kadis PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, Sabtu (16/3).

Menurutnya, dua ruas jalan yang akan diperbaiki secara overlay adalah Jalan Purwodadi dan Jalan Taman Karya. Tetapi kesiapan PUPR tentu untuk melakukan proses administrasi lelang yang saat ini tengah berlangsung dan diharapkan segera tuntas.

Proses perbaikan tidak hanya terbatas pada overlay jalan, tapi juga termasuk perbaikan drainase.

Tahap awal perbaikan drainase telah dimulai di Jalan Bangau Sakti, sebelum dilanjutkan dengan overlay jalan.

Total anggaran untuk perbaikan Jalan Bangau Sakti adalah Rp6,9 miliar.

Edward menjelaskan bahwa proses perbaikan ruas jalan rusak dilakukan secara bertahap, dengan rencana untuk menambah ruas jalan yang diperbaiki.

"Ada kegiatan tidak prioritas yang akan di-skip terlebih dahulu untuk memprioritaskan perbaikan ruas jalan lainnya," katanya.

Selain Jalan Purwodadi, Jalan Taman Karya, dan Jalan Bangau Sakti, proses overlay juga akan dilakukan di ruas jalan lainnya seperti Jalan Dharma Bakti, Jalan AM 1, Jalan AM 2, Jalan Padat Karya, dan Jalan Sri Indra.

Sementara Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru H Wan Agusti SH MH menilai pergeseran anggaran untuk perbaikan jalan tetap didukung.

"Kalau tepat sasaran, tentu kita setuju. Karena perbaikan jalan itu merupakan PR yang harus dituntaskan," kata Wan Agusti, Minggu (17/3).

Pergeseran anggaran yang akan dilakukan Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, untuk perbaikan jalan-jalan rusak, direspon kalangan DPRD Pekanbaru.

Menurut legislator, langkah pergeseran anggaran tersebut dinilai gebrakan yang tepat.

Apalagi kondisi jalan rusak di Kota Pekanbaru, kini makin meluas. Sementara anggaran yang ada, tidak siap untuk mengakomodir perbaikan semua jalan yang rusak.

Hanya saja, DPRD Pekanbaru meminta pergeseran anggaran tersebut harus dilakukan transparan, dan dilaporkan juga kepada pihaknya.

Sebab dengan begitu, akan tahu kegiatan mana yang ditunda sementara, karena anggarannya digeser untuk perbaikan jalan.

Sejauh ini, tambah Wan Agusti, pergeseran anggaran yang dilakukan Pemko, tidak diketahui secara pasti oleh DPRD.

Padahal, semua kegiatan di APBD, sudah sama-sama ditetapkan oleh DPRD dan Pemko.

"Idealnya kan kita harus dilaporkan juga, meski itu untuk perbaikan jalan," akunya.

Dari informasi yang diperoleh Komisi IV, dalam Bulan Ramadan ini, Dinas PUPR Pekanbaru akan mengoverlay dua ruas jalan, yakni Jalan Purwodadi dan Jalan Taman Karya.

Sementara Jalan Bangau Sakti, selain dioverlay, PUPR juga akan membangun drainasenya.

"Sekarang sudah pekan pertama puasa, kita harapkan pekan kedua Ramadan bisa dikerjakan. Sehingga secara perlahan jalan-jalan di Kota Pekanbaru mulus semuanya," harapnya.

Sekadar diketahui, anggaran overlay untuk Jalan Taman Karya sebesar Rp 4,5 miliar. Lalu Jalan Purwodadi memiliki anggaran overlay sebesar Rp 4 miliar.

Dinas PUPR Pekanbaru mengatakan, pertengahan Ramadan ini, sudah ada pemenangnya. (rp.elf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : jalan rusak, pekanbaru, pemko proses overlay jalan rusak, perbaikan jalan rusak pertengahan ramadan, News Kota,