Bola   2023/03/09 18:35 WIB

Ramadhan Sananta, Putera Daek Lingga yang Bergelut di Karir, 'dari Liga 3 jadi Striker Termuda Timnas Indonesia'

Ramadhan Sananta, Putera Daek Lingga yang Bergelut di Karir, 'dari Liga 3 jadi Striker Termuda Timnas Indonesia'
Ramadhan Sananta menjebol gawang Persib Bandung saat pertandingan pekan ke-7 Liga 1 2022-2023 yang berakhir dengan skor 5-1 di Stadion Gelora BJ Habibie Pare-pare.

RAMADHAN SANANTA adalah putera terbaik asal Daek Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang terus menimba karirnya di dunia sepak bola tidak sia-sia berkat didikan orang tuanya yang mendukung sepenuhnya hoby puteranya.

"Ramdhan Sananta dari liga 3 jadi striker termuda timnas Indonesia."

Untuk kali pertama dalam karier sepak bolanya, Ramadhan Sananta merasakan pemanggilan timnas Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, striker PSM Makassar itu langsung dipercaya tembus ke timnas Indonesia level senior kendati usianya masih 19 tahun.

Dia menjadi pemain termuda kedua pada pemanggilan timnas Indonesia jelang FIFA Matchday September 2022.

Adapun pemain termuda timnas Indonesia senior dipegang oleh gelandang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan.

Nama Ramadhan Sananta baru mencuat musim ini, tepatnya ketika dia mampu menjebol dua kali gawang Persib Bandung dalam kemenangan PSM Makassar dengan skor telak 5-1 di pentas Liga 1 2022-2023 pekan ke-7.

Ramadhan Sananta sejatinya sudah mencicipi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, bersama Persikabo 1973.

Akan tetapi, sebelumnya dia jarang mendapat menit bermain. Ramadhan Sananta hanya bermain empat laga, itu pun sebagai pemain pengganti. Berbeda ketika dia berseragam PSM Makassar sejak awal musim Liga 1 2022-2023.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares, memberikannya kesempatan bermain. Dia sudah bermain tujuh kali dari 10 pekan Liga 1 2022 bergulir.

Berawal dari Liga 3 Perjalanan karier profesional Ramadhan Sananta bermula dari kasta terendah sepak bola Indonesia, yakni Liga 3.

Dia bergabung dengan PS Harjuna Putra untuk musim 2021-2022 sebelum pindah ke Persikabo 1973 pada Januari 2022. Selama bermain di pentas Liga 3, torehannya menarik perhatian. Dia membuat sembilan gol dari 12 kali bermain.

Kini, namanya masuk dalam pengawasan Shin Tae-yong di timnas Indonesia.

"Ya, tentunya saya sangat senang sekali apalagi ini pertama kalinya saya dipanggil ke timnas Indonesia," kata Sananta berucap.

"Intinya saya ingin memberikan 100 persen," ucap Sananta lagi

Biodata:

  • Nama: Ramadhan Sananta
  • Tempat lahir: Daik, Kab. Lingga, Kepulauan Riau
  • Tanggal lahir: 27 November 2002
  • Tinggi badan: 182 cm
  • Posisi: Penyerang
  • Kaki terkuat: Kanan
  • Klub: 2021-2022: PS Harjuna Putra 2022: Persikabo 1973 2022-saat ini: PSM Makassar

Tetapi Sariman, Ayah dari Ramadhan Sananta melalui pembicaraan lewat telepon tadi ini, Kamis (9/3/2023) berbicara tentang anaknya menyebutkan, Sananta membuat debut impiannya untuk persepakbolaan dimana pemain berusia 19 tahun itu sudah terhitung 9 kali mencetak gol ditimnya.

"Betapa pentingnya membuat start profesional pertamanya. Sejak masih kecil, Ia memang selalu impikan hanyalah bermain sepak bola di level senior. Jujur saja saya bangga dan perasaan yang lebih baik terhadap anak saya."

Ramadhan Sananta merupakan anak kandung dari Sariman yang juga merupakan pemain sepakbola profesional dengan menghabiskan waktunya bersama timnya.

"Dia (Ramadhan Sananta) dikenal bermain bersama timnya dengan kemampuannya yang terkenal adalah tendangan kaki kanan ke dalam langsung menuju ke kotak penalti layaknya tendangan sudut."

Fenomena karir Sananta mengingatkan kita semua pada beberapa pesepakbola yang memiliki karir yang juga merupakan pesepakbola profesional yang mengangkat nama daerah.

Ayah Sananta, Sariman mengakui Anaknya juga cukup baik. Dia memenangkan beberapa trofi sebagai pemain untuk daerah (club) yang juga sukses di Timnas Indonesia. (rp.sdp/*) 

Tags : Timnas Indonesia, Ramadhan Sananta, profil Ramadhan Sananta, biodata Ramadhan,