Headline News   2023/06/27 22:39 WIB

Ratusan Orang Meninggal di Tanah Suci, Legislatif: Jemaah Haji Diminta Jaga Fisik

Ratusan Orang Meninggal di Tanah Suci, Legislatif: Jemaah Haji Diminta Jaga Fisik

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Ratusan jemaah haji dari Indonesia dilaporkan meninggal dunia di Arab Saudi. Data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama pada Minggu 25 Juni 2023, total sudah 144 orang jemaah haji Indonesia yang wafat.

"Ratusan jemaah haji asal Riau meninggal dunia di Tanah Suci."

"Kita ucapkan belasungkawa kepada para jemaah yang telah berpulang di tanah suci. Semoga amal ibadahnya diterima Allah. Memang ibadah haji ini termasuk yang berat sehingga perlu persiapan yang betul-betul," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho, Senin (26/6).

Agung mengatakan bahwa haji memang termasuk kategori ibadah yang berat terutama bagi para lanjut usia (Lansia).

Agung meminta kepada para jemaah haji, khususnya asal Provinsi Riau untuk menjaga kekuatan fisik. Jangan lupa membawa obat-obatan jika memang memiliki penyakit tertentu.

"Lalu di sana itu kan panas, jadi mungkin bagi yang tidak terbiasa dengan suhu panas ibadahnya bisa dioptimalkan di dalam masjid sekitaran hotel saja, bawa payung, dan bawa minum agar tidak dehidrasi," ujarnya.

Agung mengimbau pentingnya menjaga asupan makanan sejak masih berada di tanah air sehingga stamina cukup kuat untuk menjalankan rangkaian ibadah haji.

Untuk diketahui, saat ini Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) terus melakukan persiapan-persiapan memasuki fase puncak haji, Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina). 

Para jemaah haji secara bertahap diberangkatkan dari hotel ke Arafah sejak kemarin, Senin (26/6/2023), dari pagi hingga malam hari. (*)

Tags : jemaah haji, ratusan jemaah haji asal riau meninggal dunia, jemaah haji meninggal di tanah suci, jemaah haji diminta jaga fisik, news,