Headline Agama   2022/05/22 13:33 WIB

Ribuan Jemaah Calon Haji Riau, Jambi dan Kalbar Penuhi Embarkasi Batam, 'Selanjutnya akan Berangkat ke Tanah Suci Makkah'

Ribuan Jemaah Calon Haji Riau, Jambi dan Kalbar Penuhi Embarkasi Batam, 'Selanjutnya akan Berangkat ke Tanah Suci Makkah'

JAKARTA - Jamaah Calon Haji (JCH) Riau, Jambi dan Kalbar berangkat ke embarkasi Batam yang selanjutnya menuju Tanah Suci Makkah.

Jumlah keseluruhan ada sekitar 5.371 JCH akan diberangkatkan melalui Embarkasi Batam (BTH) ke Tanah Suci Makkah dan mulai masuk asrama pada 14 Juni 2022 mendatang.

"Semua kamar tidur dengan kamar mandinya siap digunakan," kata Stafsus Menag RI Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo, dilansir antara.com, Sabtu (21/5/2022).

"Kebutuhan air bersih saya minta diperhatikan betul agar jangan sampai terganggu alirannya. Masjid, ruang makan, wastafel dan sabun cuci tangan disediakan," bebernya.

Para jamaah calon haji yang akan dilayani lewat Embarkasi Batam tersebut berasal dari empat provinsi, yaitu Riau sebanyak 2.304 jemaah, Jambi 1.328 jamaah, Kalimantan Barat 1.150 jamaah dan Kepulauan Riau 589 jamaah.

Wibowo Prasetyo menuturkan, Embarkasi Batam siap memberikan layanan terbaik bagi jamaah calon haji 1443 H/2022 M, baik SDM petugas maupun sarana prasarana dan fasilitas lainnya.

"Masih ada sekitar 20 hari persiapan, tim Embarkasi bersama para petugas Kanwil Kemenag Provinsi sedang melakukan finalisasi penyiapan dokumen dan visa jamaah haji. Bersama Tim Kementerian Kesehatan, mereka juga terus mendorong percepatan vaksinasi booster bagi jamaah," terangnya.

"Poliklinik, tenaga kesehatan dan peralatannya dipastikan sudah siap sebelum jamaah masuk asrama. Juga nantinya, boarding dan X-Ray juga akan disediakan di asrama haji," tegasnya.

Jamaah yang berangkat dari Embarkasi Batam akan terbang dengan Saudi Arabian Airlines. Selain Batam, ada empat embarkasi haji lainnya yang dilayani Saudia. Total Saudi Arabian Airlines akan memberangkatkan 45.866 jamaah.

Kloter pertama jamaah calon haji Indonesia akan diberangkatkan pada 4 Juni 2022. Kuota haji Indonesia pada musim haji 1443H/2022M sebanyak 100.051 jemaah terdiri dari 92.825 kuota jamaah haji reguler dan 7.226 kuota jamaah haji khusus. (*)

Tags : Jemaah Calon Haji, JCH Riau, Jambi dan Kalbar, Embarkasi Batam, Tanah Suci Makkah, Agama,