News   2023/07/21 18:12 WIB

Ribuan Masyarakat Penuhi Masjid Raya Annur, Gubri: 'Saya tak Menyangka Tabligh Akbar Banyak Diminati'

Ribuan Masyarakat Penuhi Masjid Raya Annur, Gubri: 'Saya tak Menyangka Tabligh Akbar Banyak Diminati'
Gubernur Riau Syamsuar hadiri peringatan tahun baru Islam bulan Muharram 1445 Hijriyah.

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar tabligh akbar dalam rangka memperingati tahun baru Islam atau masuknya bulan Muharram 1445 Hijriyah.

"Ribuan masyarakat tumpah dan penuhi halaman Masjid Raya Annur hadiri tabligh peringatan tahun baru Islam."

“Alhamdulillah bersyukur kepada Allah SWT, bahwa kita diberikan kesehatan hari ini bisa berkumpul di Masjid Raya Annur dalam rangka memperingati 1 Muharram 1445 Hijiriyah,” kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar pada perayaan 1 Muharram ini juga hadir Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution duduk berdampingan di atas panggung dan hadir pula jajaran Kepala OPD Pemprov Riau dan Forkopimda Riau di halaman Masjid Raya Annur Provinsi Riau, Kamis (20/07/2023) malam.

Acara tersebut turut mengundang penceramah kondang Ustadz Adi Hidayat (UAH) dan seorang hafidz ibu kota yaitu Taqy Malik.

Terlihat ribuan umat muslim yang mayoritas warga Pekanbaru memenuhi halaman Masjid Raya Annur Provinsi Riau. Agenda ini telah di persiapkan secara maksimal oleh Pemprov Riau.

Gubri Syamsuar mengaku tak menyangka melihat ramainya masyarakat yang hadir berkumpul pada acara tabligh akbar itu. Ia berterima kasih atas partisipasi masyarakat dan kedatangan Ustadz Adi Hidayat (UAH) bersama Taqy Malik yang telah memenuhi undangan.

Syamsuar menuturkan, melalui kesempatan ini daerah yang dijuluki "Bumi Lancang Kuning" itu diberikan keberkahan dan masyarakatnya selalu diberikan kesehatan. Melalui peringatan 1 Muharram, imbuh Gubri, masyarakat bisa mendapat siraman rohani serta bekal ilmu yang bermanfaat.

“Mudah-mudahan kita semua diberikan keberkahan oleh Allah SWT dan diberikan nikmat sehat. Dan mudah-mudahan dengan adanya siraman rohani dari Ustadz nanti semoga kita dapat bekal ilmu yang bermanfaat serta menambah ketaatan kita kepada Allah SWT,” tuturnya.

Gubri berharap Provinsi Riau  senantiasa disayangi Allah, dijauhkan dari segala bala bahaya dan musibah. Kemudian, Syamsuar mengajak masyarakat agar dapat meningkatkan amalan dan mengajak generasi muda untuk mencintai Alquran.

“Mari kita jaga bumi melayu ini dan mari perbanyakan generasi muda yang cinta Alquran. Mari kita syiarkan juga shalawat nabi sebagai manfaatnya kita,” harapnya.

Sementara itu, remaja asal Pekanbaru, Adinda (19) sangat antusias dengan perayaan 1 Muharram tahun ini. Menurutnya, kegiatan seperti inilah yang menjadi daya tarik masyarakat terkhusus anak muda bisa meramaikan masjid.

“Saya sebagai anak muda asli Pekanbaru, tentu senang sekali adanya peringatan 1 Muharram sekarang ini. Karna kami datang ke sini berombongan, ya tentu saja kegiatan seperti inilah yang membuat masyarakat meramaikan masjid,” ujarnya.

Dinda berharap, agar ke depannya Pemprov Riau bisa terus berkomitmen untuk menyemarakan datangnya tahun baru Islam. Terlebih, Riau identik dengan melayu yang warganya mayoritas umat muslim dan sangat identik dengan nilai-nilai keislaman.

“Harapan saya semoga acara seperti ini terus dijadikan agenda tahunan, baik itu dari pihak Pemprov Riau maupun pihak-pihak lainnya. Karena kan negeri kita ini juga terkenal dengan nilai-nilai keislamannya, apalagi mayoritas masyarakat di sini muslim. Pastinya, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari acara tablig akbar ini.” pungkasnya.

Sebagai informasi, rangkaian acara peringatan 1 Muharram ini di buka dengan salat Magrib dan Isya berjamaah. Dilanjutkan dengan pembacaan Alquran dari Taqy Malik dan siraman rohani yang disampaikan oleh penceramah kondang Ustadz Adi Hidayat (UAH). (*)

Tags : peringatan tahun baru islam, 1 muharram 1445 hijriyah, ribuan masyarakat hadiri tahun baru Islam, peringatan tahun baru islam di masjid raya annur, tabligh akbar diminati masyarakat riau, news,