Headline Artikel   2022/02/28 13:52 WIB

Ridwan Putra Sungai Apit, GM BOB PT BSP, 'Punya Segudang Pengalaman di Migas'

Ridwan Putra Sungai Apit, GM BOB PT BSP, 'Punya Segudang Pengalaman di Migas'
Ridwan ST MT, General Manager BOB PT BSP-Pertamina Hulu

RIDWAN ST MT, merupakan salah satu sosok berpengalaman dibidang Minyak dan Gas [Migas] kini menempati jabatan sebagai General Manager [GM] Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako.

Ridwan Alumni Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau [UIR] Tahun 1992, General Manager BOB PT BSP Pertaminan Hulu dilantik di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis 1 April 2021 lalu menggantikan Raihan.

Pelantikan tempo hari langsung dihadiri oleh Bupati Siak Alfedri, Assisten II Pemkab Siak Hendrisan jajaran direksi PT BSP, Direktur Utama PT BSP Iskandar, Sekretaris Perusahaan PT BSP Riki Hariansyah, Direktur Pengembangan dan Produksi PHE Taufik Adityawarman dan Direktur Eksplorasi PHE Meidy Kurniawan selaku Anggota JMC BOB PT BSP-Pertamina Hulu.

Pelantikan jabatan GM juga turut dihadiri seluruh karyawan BOB Pekanbaru, baik area kerja BOB Zamrud, Pedada, West Area di Kampar serta kantor pusat di Jakarta melalui tele conference.

Sebelum menjabat General Manager BOB, Ridwan sempat mengisi posisi Team Manager Production Zamrud BOB dan Manager SDM PT BSP.

Ridwan tetap komitmen untuk mendukung pencapaian target 1 juta barrel minyak yang dicanangkan SKKMIGAS dengan melaksanakan program pengeboran yang telah direncanakan. Termasuk juga meningkatkan pemanfaatan produk dan jasa dalam negeri, mengoptimalkan sumberdaya manusia nasional dan menerapkan sistem managemen anti rasuah.

"Menjabat sebagai General Manager ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya untuk kemajuan BOB," kata Ridwan.

Sebagai General Manager, Ridwan memastikan akan menjalankan tugasnya dengan menaati policy dari SKK Migas dan akan meningkatkan hubungan kerjasama yang baik dengan pihak Pemda, Stakeholder, dan pemuka masyarakat.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan harapan agar semua komitmen yang disampaikan General Manager dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

"Pelantikan GM kali ini merupakan momen bersejarah bagi Siak, karena GM yang dilantik betul-betul putra Siak. Lahir di Sei Apit, menempuh pendidikan mulai SD, SMP sampai SMA juga di Sei Apit sebelum melanjutkan jenjang pendidikan di Program Studi Teknik Perminyakan di UIR. Karenanya UIR selaku perguruan lokal tentu patut berbangga," ujar Bupati Alfedri.

Joint Management Committee Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu memiliki General Manager yang dijabat Ridwan

GM BOB, Ridwan menyampaikan komitmennya untuk melaksanakan program pengeboran yang telah direncanakan, meningkat pemanfaatan produk dan jasa dalam negeri, mengoptimalkan sumberdaya manusia nasional, menerapkan sistem manajemen antirasuah.

Sebagai GM, Ridwan memastikan menjalankan tugasnya dengan menaati policy dari SKK Migas dan akan meningkatkan hubungan kerja sama yang baik dengan pihak pemda, stakeholder, dan pemuka masyarakat.

BOB PT BSP melakukan efesiensi anggaran

Dibawah pimpinan GM Ridwan, BOB PT Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu terus melakukan efisiensi anggaran dan meningkatkan produksi minyak. Ada sekitar $ 12 juta per tahun penghematan dilakukan melalui program pengaliran gas (Gas-in).

"Pengaliran gas dari PT Pertamina Gas ke BOB PT BSP Pertamina Hulu di Onshore Receiving Facility, Power Plant Pusako, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak."

“BOB PT BSP Pertamina Hulu di supply secara penuh oleh Pertagas, sebagai supplier gas yang baru dan kita harapkan secara biaya akan hemat hingga $ 1 juta perbulan, sehingga tercapainya tingkat produksi minyak yang optimal dari BLOK CPP ini ,” kata Ridwan dalam pemaparannya belum lama ini.

Dia mengakui penyaluran gas tidak ada lagi kendala operasi terkait kelistrikan serta dapat mengurangi biaya operasi dalam rangka meningkatkan produksi minyak bumi di BOB PT BSP-Pertamina Hulu.

BOB PT Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu dan PT Pertagas melakukan kerjasama Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG). Dimana PT Pertagas menyediakan gas untuk kebutuhan BOB PT BSP-Pertamina Hulu sebesar 6 MMSCFD.

Pasokan gas tersebut akan memenuhi kebutuhan operasi pembangkit listrik di Wilayah Kerja Blok CPP dengan tujuan untuk memenuhi target produksi minyak yang ditetapkan Pemerintah.

PT Pertagas bekerjasama dengan PT BSP Zapin, anak perusahaan PT Bumi Siak Pusako telah membangun pipa distribusi gas berikut fasilitasnya di titik TGI SV 1401 di Kecamatan Koto Gasib sepanjang 67 km menuju pembangkit listrik BOB PT BSP-Pertamina Hulu di Kecamatan Pusako.

Pemerintah Provinsi Riau sendiri mendukung pengaliran Gas ke BOB PT BSP – Pertamina Hulu.

Diharapkan pasokan gas ini dapat dapat memenuhi kebutuhan operasional BOB PT BSP – Pertamina Hulu Bersama BUMD Bumi SiaK Pusako Zapin, pembangunan kontruksi pipa salur gas telah diselesaikan tanpa ada accident. Walaupun dengan segala pembatasan akibat pandemi covid-19. (*)

Tags : Ridwan Putra Sungai Apit, Ridwan GM BOB PT BSP, Ridwan Punya Segudang Pengalaman di Perminyakan,