Rokan Hilir   2021/10/25 12:3 WIB

Rohil Gencarkan Vaksinasi, Menuju 'Terbentuknya Herd Immunity'

Rohil Gencarkan Vaksinasi, Menuju 'Terbentuknya Herd Immunity'

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Daerah Rokan Hilir (Rohil) menggencarkan vaksinasi untuk mepercepat mewujudkan terbentuknya herd immunity.

"Saat ini kegiatan vaksinasi masih dilaksanakan, baik dari pemerintah maupun pihak terkait lainnya seperti dari polres, dengan melibatkan peran para tenaga kesehatan," kata Plt Kadiskes Rohil, Cici Sulastri.

Menurutnya, pencapaian vaksinasi yang telah dilakukan terdapat perbedaan persentase, dimana untuk vaksinasi tahap pertama sudah mencapai sekitar 70 persen dari total sasaran sekitar 400.000 jiwa. Sedangkan untuk vaksinasi tahap II baru sekitar 20-30 persen.

"Ini karena masih banyak masyarakat yang masih dalam tahap menunggu giliran mendapatkan vaksinasi kedua sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan," ujarnya.

Menurut Cici, masih rendahnya pencapaian vaksinasi secara keseluruhan tidak terlepas karena masih rendahnya capaian vaksinasi tahap II.

"Jadi bukan disebabkan oleh adanya kendala tertentu namun lebih karena masih dalam jadwal tunggu untuk mendapatkan vaksinasi."

Jika vaksinasi lebih dari 70 persen populasi maka bisa terbentuknya herd immunity. Untuk itu, kata Cici tempat vaksinasi, disebar terutama dengan memanfaatkan sebanyak 20 puskesmas yang ada di wilayah Rohil.

"Kit siap mendukung jika ada kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh pihak tertentu yang tentunya memerlukan peran dari para tenaga kesehatan," sebutnya. (rp.muf/*)

Tags : Vaksinasi Covid-19, Rohil Gencarkan Vaksinasi, Rohil Menuju Terbentuknya Herd Immunity,