Pilkada   2024/09/04 19:14 WIB

RSUD dan KPUD Sepakat Seluruh Paslon Pilkada 2024 dalam Kondisi Fit, 'Tak Ada Permainan dan Pesanan untuk Pemeriksaan Kesehatan'

RSUD dan KPUD Sepakat Seluruh Paslon Pilkada 2024 dalam Kondisi Fit, 'Tak Ada Permainan dan Pesanan untuk Pemeriksaan Kesehatan'
Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Tim medis gabungan telah merampungkan pemeriksaan kesehatan seluruh bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada serentak 2024.

"Seluruh Paslon Pilkada Serentak 2024 dalam kondisi fit."

"Hasil pemeriksaan selama enam hari dan tiga kali rapat pleno. Semua pasangan calon kepala daerah dinyatakan fit (sehat)," kata Direktur RSUD Arifin Achmad, Ahmad Wan Fajriatul di Kantor KPU Riau saat menyerahkan dokumen hasil pemeriksaan ke KPU Riau, Selasa (3/9).

Ada sebanyak 43 paslon kepala daerah dan wakil kepala daerah se Provinsi Riau yang menjalani pemeriksaan.

Dokumen hasil pemeriksaan kesehatan diserahkan kepada KPU Provinsi Riau dan seluruh KPU kabupaten/ kota se Provinsi Riau.

Wan Fajriatul Mamnunah mengatakan, tim pemeriksaan kesehatan berjumlah sebayak 85 orang dokter yang melibatkan RSJ Tampan dan BNN Riau.

Ia menjelaskan, ada dua dokumen hasil pemeriksaan yang diserahkan ke KPU Riau. Yakni resume medis Paslon dan bukti SHKPN pemeriksaan urine untuk pemeriksaan narkoba.

Wan menerangkan, pemeriksaan kesehatan dilakukan terhadap 18 item penting, meliputi pemeriksaan terhadap fungsi organ dalam, fisik dan laboratorium.

"Parameter yang kami gunakan untuk menilai fit dan tidak fit-nya pasangan calon yakni mengacu pada  juknis dari KPU RI," tegas Wan.

Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan menyatakan, berkas hasil pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu persyaratan untuk penetapan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Setelah ini kami masih melakukan pemeriksaan berkas-berkas, sebelum penetapan dan pemberian nomor urut pasangan calon," kata Rusidi.

Dijadwalkan, KPU akan menetapkan pasangan calon peserta Pilkada serentak 2024 pada tanggal 22 September mendatang.

Sebelumnya, tim pemeriksaan kesehatan RSUD-AA sudah menyerahkan hasil tes kesehatan, tiga pasangan bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur Pilgub Riau kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau.

Rencananya KPU Riau akan mengumumkan Kamis 4 Agustus 2024 terkait hasil tes kesehatan masing-masing pasangan calon tersebut ke publik.

Hanya saja, sebelumnya Dirut RSUD AA menegaskan 43 Pasang Bacalon yang ikut memeriksa kesehatan semua dalam kondisi fit.

Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan mengatakan memang dari penegasan pihak tim pemeriksa kesehatan tersebut semuanya dalam kondisi fit, artinya ini sinyal semuanya dinyatakan lulus untuk tes kesehatan.

"Sebenarnya itu sudah menjadi petunjuk, bahwa para calon ini sehat, tapi kami KPU baru umumkan besok (Kamis) berupa layak atau tidak layak,"ujar Rusidi Rusdan.

Pihak KPU menerima berupa hasil kesimpulan dari pemeriksaan kesehatan dari tim medis RSUD tersebut.

"Kami hanya menerima berupa hasil kesimpulan pemeriksaan secara menyeluruh, dan disana nantinya akan disimpulkan layak atau tidak layaknya calon tersebut," ujar Rusidi.

Rusidi juga menegaskan tidak ada rekayasa atau permainan serta kong kalikong dalam pemeriksaan, terutama antara KPU dengan pihak Rumah Sakit.

"Kalau kami dengan Rumah Sakit dipastikan tidak ada permainan. Kami yakinlah dengan kerja tim dokter profesional sesuai dengan kontrak, tidak berafiliasi melaksanakan pemeriksaan secara profesional. Tidak ada pesanan dan permainan," tegas Rusidi Rusdan. (*) 

Tags : Kpu riau, Medical chek-up, Bapaslon gubri, RSUD Arifin Achmad, Paslon dalam Kondisi Fit,